Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

Maret 17, 2013

Tips Mendisable Autorun dan Autoplay WIN XP + 7

 بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

salam sobat,
Mungkin sahabat semua dah pada tau tentang artikel ni. Tapi nenk tetep mo berbagi tuk mereka yang belum tau terutama bagi adik-adik di scholl nenk sebagian yang masih selalu bertanya silahkan baca dan praktekkan.
Pada saat menggunakan computer, kita mengenal adanya autorun atau autoplay. Ini adalah fitur dari windows yang memungkinkan kita langsung melihat file yang ada di device pada saat kita memasukkan device berupa DVD, VCD, atau flashdisk. Biasanya pada saat device kita terkoneksi dengan computer, maka windows akan memberitahu kita langkah apa yang harus kita lakukan, apakah ingin membuka folder dan file yang ada di device tersebut, atau yang lainnya. Ini yang disebut dengan autorun atau autoplay.

Tips Mendisable Autorun dan Autoplay
Terkadang autoplay di windows memang sangat membantu kita dalam membuka file yang ada di device. Namun ada sebuah hal yang membuat kita harus waspada dengan adanya fitur autoplay ini. Yang harus diperhatikan adalah jika device kita terkena virus, maka pada saat autoplay terbuka virus akan menyebar ke computer kita sehingga autoplay bisa sangat berbahaya untuk computer kita. Kini ada satu cara lain untuk mencegah virus menyebar ke komputer anda melalui media penyimpanan eksternal seperti Flashdisk maupun media penyimpanan eksternal lainnya yaitu dengan cara menonaktifkan fitur autorun pada komputer anda. Karena dengan menonaktifkan fitur autorun ini, dapat mencegah penularan virus maupun program jahat lainnya ketika Flashdik tertancap pada port USB komputer anda.
Lalu bagaimana cara mendisable fitur autoplay di windows? Berikut ini adalah caranya:

Cara menonaktifkan fitur autorun pada Windows XP
  • Langkah pertama, klik START => RUN
  • Kemudian ketikkan "gpedit.msc"  kemudian klik OK
.
  • Berikutnya klik User Configuration => Administrative Templates => System
  • Selanjutnya, double click pada  "Turn Off Autoplay"  lalu pilih  "Enable" dan pilih  "All drives"  lalu klik "APPLY" dan  "OK" seperti tertera pada gambar dibawah ini.
beres deh sob selesai. Dengan langkah langkah tersebut (Disable Autorun) dapat meminimalkan terinfeksinya komputer kita dari serangan virus secara langsung dari flashdisk.

cara mendisable fitur autoplay di windows 7

CARA PERTAMA
  • Silakan anda buka Control Panel, lalu pilih search. Ketikkan "autoplay". Maka windows akan mendeteksi keyword tersebut dan muncullah opsi Autoplay. Lalu klik pilihan AutoPlay tersebut.

atau dengan cara Buka control panel, lalu Klik pilihan view by category kemudian Cari dan klik Hardware and Sound dan kemudian klik AutoPlay.


  • Silakan anda hilangkan tanda centang pada tulisan "use autoplay for all media and devices". 
  • Kemudian klik save.

Note :
Disable AutoPlay AutoRun di Windows 7 melalui Control Panel


  • Jika ingin menonaktifkan, hilangkan tanda “Check Box” pada bagian Use AutoPlay for All Devices dan klik Save.
  • Jika ingin mengaktifkan kembali Autoplay, beri tanda “Check Box” pada Use Use AutoPlay for All Devices dan klik Save.

  • _________________________

    CARA KEDUA
    • Klik tombol Start.
    • Pada bagian “Search Box”, ketik gpedit.msc kemudian tekan tombol enter.
    • Cari bagian Computer Configurations, Administrative Templates, Windows Components, AutoPlay Policies dan terakhir Turn Off AutoPlay.
      Turn Off Auto Play Windows 7
    • Untuk menonaktifkan AutoPlay, beri tanda Enable kemudian klik tombol OK atau Apply.
    • Disable AutoPlay AutoRun di Windows 7 melalui Start Menu
    • Untuk mengaktifkan kembali, klik tombol Disable dan klik tombol OK.
    Memang benar, kedua cara diatas berbeda langkah-langkahnya, tetapi intinya kedua langkah di atas mempunyai fungsi yang sama, yaitu menonaktifkan dan mengaktifkan kembali fitur Auto Run pada operating system Windows 7.


    Maka sekarang anda sudah tidak perlu lagi khawatir karena fitur autoplay tersebut sudah terdisable dan tidak akan langsung membuka file dan folder pada saat anda memasukkan device ke computer anda.

    Selamat mencoba! :)

    Salam ^_^
    Share

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
    Thanks ... salam ^_^

    Share

    Search Here