Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

April 23, 2012

Cara Mengembalikan Halaman Atau Isi Post Yang Hilang

Aaaarrrggghhh...teriakan ini pertama yang nenk keluarkan saat mencari postingan di blog sendiri ilang entah kemana. Belum juga lama di upload moro-moro lenyap. siapa gak bingung, coba. Saat dibuka yang ada hanya : "Maaf, halaman tidak tersedia" dan yang tampil hanya judul saja.

Yah....waktu posting artikel itu kan, berdasarkan pengalaman pribadi saat menemukan persoalan yang lum  terselesaikan pas harus cari refrens dulu baru di coba baru sep berhasil..baru posting deh (banyak barunya ya..hehe)

Memang metode mengembalikan data blog pada blogspot ini agak sedikit rumit. Namun yang perlu di perhatikan adalah data tersebut harus sudah masuk tembolok google atau cache google atau anda ingat postID dari postingan yang akan kita kembalikan. Dari sini anda mungkin sudah punya gambaran yang nenk maksudkan. 
Kali ini, nenk ingin berbagi pengalaman saat ada isi postingan yang hilang. Hal ini menimpa di postingan mengenai Artikel cara menterjemahkan file. Jadi, entah bagaimana caranya, tiba-tiba lihat isi postingan yang kosong. Nenk yang mencari artikel itu, langsung teriak histeris (gak segitunya kali'). Ternyata benar, halaman post gak hilang, cuman isinya aja yang hilang. Kosong no isi. So, berbagi pengalaman and share to sahabat yang mengalami hal ini. Ada 2 cara, monggo disimak.
 
Cara pertama, dengan menggunakan metode post draft. Pasti blogger pernah menyimpan draft untuk postingan ketika mengetik di dalam dashboard. Nah, ketika kita meng-update post atau men-save draft, sebuah revisi akan tersimpan. Kalo udah yakin inilah versi yang ingin kita kembalikan, Pada label draft tinggal kita cari/pilih/klik artikel yang tersimpan baru dipublikasikan. :) 

Cara kedua, melalui google.com. Kita mencoba cara mengembalikan data posting dari cache google. Sebenarnya, cara ini untuk mengembalikan postingan (post) atau halaman (page) yang telah terhapus dari blog. Kalo page atau post kita masih ada di dalam trash, masih bisa dikembalikan ke sedia kala, karena fasilitas trash ini tidak menghapus secara permanen. Lain ceritanya kalo kita telah menghapus sebuah post ato page dari blog secara permanen (hehe..silahkan nangis).

Kita dapat lakukan dengan metode atau langkah sebagai berikut  :
Caranya tinggal search aja judul postingan atau page dari blog kita (yang ingin dikembalikan). Berharaplah blog kita telah ter-indeks oleh google, karena kalo halaman blog kita belum ter-indeks, cara ini ga bisa dijalankan. :|  
Setelah terbuka maka postingan blog anda akan terbuka dan terlihat. (Jika belum ada update anda sangat beruntung namun jika sudah update dengan data baru itu derita anda wkwkwkwkwk..ups maap)
Kalo udah ketemu, kemudian Buka cache google atau tembolok, maksudnya- klik cached/tembolok (seperti yang tertera di gambar). Dari sini, kita bisa membuat ulang halaman ato postingan kita kembali. :) 


Semua gambar hasil snapshot sendiri. 
Salam ^_^
Share

31 komentar:

  1. oke...cukup jelas infonya .....
    terima kasih....

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. masama thanks dah mampir gan
      smga brmnfaat

      Hapus
  3. di google saya gk ada tembolok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua cara untuk kita membuka versi tembolok (cache) Google. Yang pertama adalah dengan mengklik link tembolok pada bagian bawah dari setiap hasil pencarian Google (pada beberapa web tidak tersedia karena belum atau tidak tersedia). Kedua, dengan memasukkan keyword pencarian cache:urlwebkita misalnya cache:ahmad_.blogspot.com

      Hapus
    2. mungkin (maaf) blog atau website cepat di-index Google dan agar mendapat kemungkinan besar mendapat posisi terbaik pada persaingan hasil pencarian Google atas keyword tertentu.

      insyaallah ntar saya posting ttg tembolok ya gan...
      makasih bnyak lo dah mampir (maaf klo jwabannya lum puas)

      Hapus
  4. Oh ea, br2 ni postingan q jg hlg raib pdhl t artikel aq reblog dr blog tetangga, gmn cry seh to ngembaliin t artikel nenk??

    BalasHapus
  5. kalo balikin isi postingan gmn? di halaman utama blog sy cuma judul posting aja yg muncul?

    BalasHapus
  6. Artikelnya bermanfaat sekali,,,makasih gan

    BalasHapus
  7. gan mau nanya
    blog aku kan hanya pribadi yang bisa buka , trus aku lupa juga judul nya apa aja .. soalnya semua nya dihapus sama orang yang ga bertanggung jawab
    jadi gimana ya gan ? minta solusi dong .. thanks

    BalasHapus
  8. wah punya saya juga hilang nih. kaget juga

    BalasHapus
  9. barusan kehilangan ketikan draft di blogspot, udah semalaman ngetik. ada saran?

    BalasHapus
  10. Terimakasih banyak gan... sangat membantu
    sekali lagi terimakasih

    BalasHapus
  11. sya mau tanya gan,, sya kan edit halaman blog ya,, pas udah jadi,, eh halamn blog nya mlah pindah dibawah garis homenya,,, pgn balikin lagi ke semula gmn yak,,,

    BalasHapus
  12. ada juga sampe ilang gitu ya,, alhmdllh belum prnah,, dan jangan sampai,,, hehe

    BalasHapus
  13. Pengalaman yang bisa di jadikan pelajaran

    BalasHapus
  14. kalau draftnya yang hilang gimana cara nemuinnya lagi..udah bnyk tulisanku d draft belum q post...

    BalasHapus
  15. kalau masi dalam bentuk draft itu masi bisa di kembalikan ndak min?

    BalasHapus
  16. Trimk info nya, klo pos kita sdh terindeks dan judul post nya pun ada di muncul di mesin pencari ,tp setelah di buka ter nyata "blog ini sudah di hapus " solusi nya gimana min?

    BalasHapus
  17. kalo url yang tidak di upgare" oleh google, gimana ya,
    kronologisnya kan, saya mengganti tanggal postingan, yang lama saya buat lebih baru lagi, dg maksud biar fresh, setelah sudah lama, saya mau mengganti tanggal seperti awal nya, namun malah tidak mau terindek di google, malah yang baru yang keluar, yang lama tidak mau keluar, jadi link nya broken...
    langsung ke tkp aja deh,,, susuah jelasinnya, pasti gak mudng.
    http://www.seoline.web.id/blog/2015/07/qq288-com-situs-bandar-taruhan-judi-online-terbesar/

    BalasHapus
  18. kalo mengembalikan postingan instagram gimana

    BalasHapus
  19. Mau tanya dong klow mengembalikan post d tumblr gmana yaa caranya??

    BalasHapus
  20. Maksih gan infonya cuman belum paham eiih http://tukangfinishing5758.blogspot.com

    BalasHapus
  21. gan punya sy blum bisa dikembalikan,,gmn ni?

    kepitingonline.blogspot.com/

    BalasHapus
  22. nggak bisa di publish, gimana tu?

    BalasHapus
  23. Ada yg pernah ngalamin ga.. pos tiba-tiba hilang sendiri.. cuma beberapa tidak semua..

    BalasHapus
  24. gan kalau mengembalikan entri popular yang hilang gimana caranya ?

    BalasHapus
  25. Kak kalo cerita di wattpad yang ilang bisa dibalikin ga ya?

    BalasHapus

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here