Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

April 20, 2012

BLOGGING RIA

Semangat pagi.....jalan-jalan blog tetangga baca-baca artikel tentang manfaat plus alasan-alasan tuk ngeblog..bikin angguk-angguk kepala juga sob. hehe.... Bagi anda yang udah terbiasa ngeblog or kagak sih gak masalah... ni skedar info aja sob. bagi-bagi artikel tuk semua pembaca setia di blog ini (kebetulan lagi gak ada artikel ori (sndiri) yang bisa di upload. So, sekarang waktunya bagi artikel tentang blogging dari nenk+hasil cari refrens dri admin tetangga (hmm..bingung mo kasih judul apa). Langsung aja dah ....

Daftar Isi

BEBERAPA ALASAN BLOGGING (ALL ABOUT BLOG ) 


MANFAAT BLOGGING dan EFEKx [ Kembali ke daftar isi ]

Sebenarnya tulisan mengenai Manfaat Blogging Dan Efek Sampingnya bukanlah sebuah tutorial atau panduan dan sebagainya. Mungkin juga dah banyak yang posting tuk tulisan macam ni. Tulisan ini nenk buat hanya sebagai arsip pribadi atau lebih ke pengalaman saat ngeblog. Yang pasti banyak sekali manfaat saat blogging pada seorang blogger, Tapi bukan berarti hal yang bermanfaat sama sekali tidak memiliki efek samping lo (hmmm).

Manfaat Blogging :


  1. ILMU : Sudah pasti seorang blogger banyak mendapatkan ilmu saat melakukan aktifitas bloggingnya. Baik di sengaja ataupun tidak. Contohnya saat kamu bingung ingin membuat postingan apa, Sudah pasti mencari pencerahan ke banyak search engine yang tersedia di internet. Ato pas bingung, cari tugas, pasti larinya via google tercinta. Mobilisasi saat browsing saja sudah merupakan ilmu yang tidak kita sadari. Menurut nenk  internet memang dunia tanpa batas, Guru dari maha guru, Tergantung bagaimana kita menyikapi apa yang kita temukan di internet Seperti istilah SEMUA ADA DI GOOGLE KECUALI TUHAN. Ambil yang bermanfaat + positif (tentunya).
  2. TEMAN : Tentu ini adalah manfaat yang sangat berarti bagi nenk. Dari dunia blog ana memerlukan banyak inspirasi untuk membuat sebuah postingan. Selain search engine, Tukar pikiran adalah hal yang sangat berguna. Lalu dengan siapa harus bertukar pikiran? Siapa lagi kalau bukan teman. Mulai dari sekedar blogwalking, singgah di buku tamu, Hingga berbincang via meseenger, Twitter ataupun Facebook. Maka tanpa kita sadari dunia blogging sudah membuat kita memiliki banyak teman. Bukan berarti kita tidak bisa mendapat jodoh via blogging lho :D (ho...ho...ati-ati..jangan salah)
  3. UANG : Loh kok uang ? pastinya sudah pada tahu khan, Selain sekedar ngeblog seorang blogger juga biasanya memanfaatkan blognya sebagai penambah penghasilan. Tentunya dengan tips dan trik yang bebeda beda. Mulai dari cara yang sederhana sampai cara yang luar biasa :D . Tapi tuk nenk pribadi belum pernah mandapatkan manfaat yang ke tiga ini..hiks..hiks :( . Bagi yang sudah, Ada baiknya share tips dan triknya :D ^_^..ditunggu mas/mb bro).
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang di dapat dari blogging. Diantaranya adalah tiga hal di atas, dan nenk tambahkan satu lagi Yaitu latihan mengetik :D (cuit..cuit). tul kan ? coz keseringan utak-atik di tuts keyboard tuh jemari..hehe...

Efek Samping Blogging :


  1. KESEHATAN : Ini adalah hal yang riskan seorang blogger. Ngeblog adalah salah satu candu dalam dunia internet. Jadi seorang blogger biasanya suka lupa waktu, Bahkan lupa makan. Beberapa efek pada tubuh yang sering saya rasakan setelah berjam-jam ngenet adalah mata yang berbayang, Mata saya serasa berbayang saat melihat tulisan di monitor (Sebaiknya sesekali melihat kearah yang jauh atau sesuatu yang berwarna hijau, Itu membuat mata kita lebih fresh. Perbanyak konsumsi wortel dan tomat, Itu baik untuk mata). Lalu punggung yang terasa pegal, Ini biasanya karena duduk yang terlalu lama. Atau salah posisi duduk atau beberapa info yg saya dapat adalah kurangnya cairan dalam tubuh ( Sebaiknya perbaiki posisi duduk kamu, Dan banyak minum air putih ). Kemudian kening terasa kencang seperti mengerut, Ini juga yang sering saya rasakan. Biasanya jika sedang terlalu fokus mengedit template blog termasuk saat sedang membuat postingan ini ( Jika saya sudah merasakan ini, itu berarti sudah waktunya istirahat :D ). 
  2. LUPA WAKTU (Lupa Diri) : Tanpa kita sadari, saking asyiknya ngeblog, bisa lupa waktu. Lupa segala hal yang mau dikerjakan. Entah urusan ngantor, ngedidik, belajar, makan dsb dah. Sebaiknya siapkan alarm di depan kompi (stel agak nyaring deh) pake aplikasi alarm di kompipun juga oke, agar kita tidak lupa waktu, dan ngerti tentang apa yang mau dikerjakan selanjutnya tanpa harus mlototin kompi berjam-jam. Intinya kudu nyadar n punya jadwal tentang aktivitas sehari-hari.
  3. SOSIALISASI : Tanpa sadar kecanduan seorang blogger dalam dunia blogging benar-benar menyita waktu kita di dunia nyata. Kita jadi kurang bersosialisai kepada dunia luar. Sebaiknya tinggalkan peradaban internet sejenak, Kembalilah berbaur ke masyarakat agar juga tidak terlalu jenuh dan tetap di anggap baik oleh orang-orang sekitar kita :D. (no 3 ni hampir sampa ama no 2)
Itu adalah beberapa efek samping yang biasa dirasakan. Setiap orang mungkin memiliki tanggapan dan pengalaman yang berbeda. Ada baiknya jika kita saling share pengalaman masing masing. 



BLOG PALING DIBENCI PENGUNJUNG dan GOOGLE [ Kembali ke daftar isi ]

Jika keinginan anda adalah untuk membuat blog dengan konten unik dan berkualitas yang disukai banyak pengunjung, berarti anda sudah memegang kunci SEO. Berdasarkan alogaritma terbaru dari Google panda, bahwa google kini menyingkirkan blog dengan konten yang tidak memberikan manfaat lebih pada pengunjung.
Dan berdasarkan prediksi sejumlah pakar SEO bahwa google kini tidak lagi memberikan nilai pada jumlah penggunaan keyword dalam artikel (kecuali nilai minus atas pegisian keyword), pada penggunaan meta tag dan juga meta description yang berarti SEO kini menjadi kegiatan membuat artikel secara alami tanpa berfikir bahwa kita sedang membuat posting untuk dua jenis pengunjung yaitu manusia dan robot pencari google.
NENK akan memberitahukan kepada anda hal yang paling dibenci yang mungkin juga dirasakan pengunjung lain ketika masuk ke sebuah blog. Nenk harap (termasuk blog nenk pribadi sih) ini bisa anda jadikan acuan apakah blog anda sudah cukup berkualitas, berikut ini type blog yang paling dibenci …

1. Blog dengan AGC (Auto Generated Content)
. Tak perlu saya jelaskan banyak…blog AGC adalah blog paling di benci yang berusaha mencari trafik dengan jalan pintas.

2. Blog dengan konten hasil curian,termasuk Blog dengan Auto Content (Auto blog),
blog yang mengambil konten blog lain menggunakan software posting otomatis. Secara pribadi nenk tidak pernah benci pada blogger lain yang pernah mengambil artikel dari blog nenk, tapi ketika nenk melihat teman-teman blogger yang marah dan bahkan mengambil tindakan ketika artikelnya di curi, tampaknya nenk kudu+ harus memasukkan ini.

3. Blog dengan desain yang buruk
. Entah bagaimana dengan anda,tapi kalau saya biasanya langsung lari ketika masuk ke sebuah blog dengan desain yang buruk yaitu blog yang terlalu gila desain (menggunakan grafik yang berlebih yang tidak bermanfaat apa-apa bagi pengunjung kecuali membebani loading blog) dan blog yang menggunakan desain tidak sesuai dengan topik blog.Sebagai tambahan, saya juga benci blog dengan desain gelap.

4. Blog yang tidak pernah di update
, Jika saya mengunjungi sebuah blog, lalu lain hari berkunjung lagi dan tidak menemukan artikel baru,..ah..ngapain aku kesini?

5. Pemburu dollar
, saat masuk ke sebuah blog lalu melihat iklan dan iklan…dan iklan…akan membuat pegunjung menjadi bosan dan akan langsung pindah ke blog lainnya.
Nah, bener or gaknya tuk hal ini, just pengalaman aja..bagi yang mo nambah silahkan deh share.




8 ALASAN PENGUNJUNG MENYUKAI BLOG Anda [ Kembali ke daftar isi ]

Memang tidak mudah untuk membuat blog yang bisa menarik perhatian dan minat dari pengunjung, (ups... blog nenk sendiri apa sudah disukai pengunjung ya ?) karena yang jelas selera dari masing-masing pengunjung berbeda-beda. Ada yang suka blog dengan thema mewah, ada pula yang sederhana, ada yang suka baca postingan yang panjang, ada pula yang pendek, dan seabreg keinginan lain dari para pengunjung blog. Tetapi dengan melihat pengalaman pribadi dan hasil sharing dengan teman, mungkin ada beberapa ciri blog secara umum yang bisa dikatakan dapat menarik perhatian pengunjung. Beberapa diantaranya adalah:

1. Waktu load cepat

Untuk waktu load usahakan blog anda bisa tampil dengan sempurna tidak kurang dari 15 detik, karena rata-rata pengunjung akan menutup halaman web yang tidak terbuka sempurna setelah 15 detik. Bagaimana dengan anda ? (Semoga saja lebih sabar dari yang 15 detik tersebut, he….). Jika blog anda loadingnya terasa lambat, anda bisa mencari sebabnya, bisa dari plugin yang terlalu banyak,terlalu banyak banner/iklan, thema yang terlalu berat, terlalu banyak gambar/image, dan sebab lainnya.

2. Tidak ada banner/ilkan

Kalo yang ini memang tidak wajib hilang, tetapi jika memang bisa dihilangkan akan lebih baik, karena kalo blog anda dibuat untuk tujuan sharing, maka lebih baik hilangkan yang berbau iklan tersebut, dan saya yakin pengunjung akan jauh lebih suka dibandingkan blog tetangga yang isinya hanya iklan

3. Kontent Up to date

Sebisa mungkin perbarui postingan anda sehari sekali, jika tidak bisa usahakan memposting artikel baru tidak lebih dari 1 minggu sekali. Pengunjung setia biasanya berkunjung ke blog langganan 1 hari sekali jika punya koneksi internet sendiri, jika tidak punya biasanya 2-3 hari sekali. Jangan sampai pengunjung setia anda berkunjung, artikel yang anda posting masih sama belum diupdate

4. Permudah pengunjung dalam mendapatkan artikel yang dicari

Jangan mempersulit pengunjung untuk mendapatkan artikel yang dicari, misalkan harus registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan artikel yang dicari. Hal ini akan membuat pengunjung tidak terlalu suka. Kecuali jika artikel / produk anda sangat langka dan hanya satu-satunya didunia, maka anda boleh sesuka anda menentukan syaratnya untuk mendapatkan artikel / produk (Lebay…).

5. Tidak terlalu menjual

Ini juga masih berkaitan dengan point nomor 4. Jika anda pintar menyembunyikan jualan anda di blog, maka pasti pengunjung akan betah berkunjung, Jangan bikin blog sharing yang orientasinya ke uang, masa sedikit-sedikit uang, pingin ini pingin itu harus bayar, cape deh….. Siap saja ditinggalkan pengunjung setia anda

6. Jaga hubungan baik dengan pengunjung

Caranya bagaimana ? Mudah saja, jika ada komentar dari pengunjung, balaslah dengan baik, kunjungi balik blog mereka, dan jangan lupa beri komentar juga di blog mereka. Dengan langkah sederhana ini, hubungan baik antar bloger akan terjaga dengan bagus.

7. Konten asli/original

Dengan memposting artikel yang bukan fotocopy dari blog lain, pengunjung akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang baru, berbeda jika artikel anda merupakan duplikasi dari blog lain, bukan tidak mungkin pengunjung anda sudah pernah mendapatkannya di blog tetangga.

8. Navigasi mudah

Jangan persulit pengunjung anda dengan tampilan blog yang terlalu rame. Minimalisir penggunaan widgets. Pasang sesuai dengan kebutuhan agar pengunjung blog anda dapat berselancar dengan mudah

Mohon komentarnya untuk blog nenk ya... bagaimana..apakah 8 alasan diatas udah dikantongi blognya nenk
n malah oke punya dong blognya nenk (hohoho...ngareb.com yang terbaik biar manfaat..hehe)  or malah gak da sama sekali (hiks..hiks...)
Nah, bener or gaknya tuk hal ini, just pengalaman aja..bagi yang mo nambah silahkan deh share.




6 ALASAN PENGUNJUNG MEMBENCI BLOG Antum [ Kembali ke daftar isi ]

Sebuah blog akan mempunyai banyak pengunjung bila blog tersebut mempunyai sesuatu yang lebih dari blog lain, entah itu dari sisi desain, content, bahasa yang digunakan atau mungkin karena widget-widget yang bervariasi. Semakin banyak pengunjung, maka akan meningkat pula traffic pengunjung anda. Lamanya pengunjung berada di blog anda juga bisa menunjukkan seberapa tertarik pengunjung dengan blog anda. Untuk meningkatkan traffic pengunjung blog anda, sebaiknya perhatikan dulu beberapa alasan yang membuat blog anda sangat dibenci pengunjung di bawah ini :

1. Terlalu Banyak Menampilkan Iklan
Menjadikan blog anda sebagai sumber pendapatan adalah hal yang wajar, namun usahakan menampilkan iklan dengan sewajarnya. Blog yang terlalu banyak menampilkan iklan akan sangat dibenci pengunjung karena sangat mengganggu mereka ketika mereka membaca content blog anda.

2. Loading Time Yang Lama
Blog yang terbuka dengan waktu yang lama bisa dipastikan akan ditinggalkan oleh pengunjung. Pengunjung blog akan langsung kabur ketika mendapati blog anda terbuka dalam waktu yang lama. Cobalah untuk membuat blog anda ringan untuk dibuka, jangan biarkan pengunjung blog anda meninggalkan blog anda hanya karena mereka harus duduk terlalu lama menunggu blog anda terbuka.

3. Miskin Grafis
Grafis-grafis yang menarik bisa membuat pengunjung anda betah berada di blog anda. Ini diperlukan untuk menarik perhatian pengunjung agar mereka bisa menikmati keindahan tampilan blog anda.

4. Tata Letak Yang Membingungkan
Tata Letak Blog yang kurang rapi dan tidak teratur akan membuat pengunjung bingung. Yang pada akhirnya pengunjung tidak tahu apa yang harus dilakukan. Atur dengan rapi tampilan blog anda agar pengunjung nyaman berada di blog anda.

5. Terlalu Banyak Menampilkan Link di Content
Tidak ada seorang pun dari pengunjung anda yang menyukai content anda bila terlalu banyak menampilkan link, apalagi bila link yang anda tampilkan dalam jumlah yang terlalu banyak. Pengunjung akan segan dengan blog yang menampilkan link terlalu banyak, karena mereka akan sangat terganggu dalam membaca content blog anda.

6. Miskin Navigasi
Navigasi akan sangat diperlukan pengunjung dalam menjelajahi blog anda. Mereka akan sangat terbantu bila navigasi pada blog anda tertata dengan rapi. Navigasi yang rapi akan membuat pengunjung tahu kemana mereka mencari informasi pada blog anda.
hmmm...mungkin ada yang mo tambah silahkan ya sob....



5 ALASAN KUDU tetap BLOGGING [ Kembali ke daftar isi ]

Blogging alias ngeblog merupakan kegiatan menarik dan mengasyikan, karena banyak manfaat yang dapat dirasakan ketika blogging, namun seiring berjalannya waktu dan teknologi, semangat blogging terkadang mengalami fase naik turun, kadang semangat kadang kurang bersemangat :D Untuk menambah semangat blogging berikut nenk tuliskan sedikitnya 5 Alasan Mengapa Harus Tetap Blogging (hahayyy) :

1. Membentuk Kepribadian

Blogging dapat membentuk kepribadian Anda, karena dengan blogging maka segala yang ada dalam pikiran Anda bisa tercurahkan melalui tulisan, dengan begitu akan terbentuk jati diri Anda sendiri orang yang seperti bagaimana, karena apa yang Anda tulis di blog pribadi Anda biasanya mempunyai hubungan erat dengan diri Anda sendiri.

2. Membangun Citra Diri

Website berbasis blog banyak digunakan untuk membangun citra diri di dunia internet, dengan memanfaatkan blog pribadi maka citra diri dapat terbentuk sehingga lebih terlihat lebih “exist”, profesional dan “hi-tech” sehingga dapat meningkatkan “branding diri” Anda dan apa yang sedang Anda kerjakan / promosikan. Maka itu tidak heran jikalau para politikus dan tokoh-tokoh dunia memanfaatkan blognya untuk meningkatkan citranya di masyarakat.

3. Bertukar Pikiran dan Informasi

Blog digunakan untuk sarana bertukar informasi dari Anda untuk orang lain, Anda dapat mempublikasikan ide-ide Anda kepada orang lain, saling memberikan informasi dan bertukar komentar, dengan begitu informasi menjadi lebih banyak didapat.

4. Mencari Fans / Teman

Dengan memanfaatkan blog pribadi maka Anda dapat mengumpulkan masa / fans / teman atau orang-orang yang seide dengan Anda, dengan banyaknya orang yang mengikuti Anda maka dapat dimanfaatkan untuk banyak hal seperti misalnya membuat komunitas atau grup tertentu, sarana promosi, ajang kampanye dsb.

5. Sumber Rezeki

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebuah blog dapat digunakan untuk mencari rezeki alias mencari uang di internet, Anda dapat menjual ruang di blog Anda untuk mempromosikan produk Anda sendiri atau mempromosikan produk orang lain dengan menyewa ruang di blog Anda bahkan blog bisa dijadikan sebuah portofolio untuk mempresentasikan ide-ide Anda, bahkan blog dapat dijadikan investasi bagi Anda.
Masih banyak manfaat dari blogging, maka itulah nenk memutuskan untuk kembali blogging, bagi yang masih aktif blogging saya ucapkan selamat blogging dan tetap semangat (Tcayo bro)!
Kalo ada yang mo nambah about artikel ini, monggo di share.

Thanks dah sempat mampir baca-baca artikel disini. Semoga tulisan ini bermanfaat ya sob.

Sumber -- thanks to : blog tetangga & nenk

Salam ^_^
Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here