Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

Juli 08, 2011

Cara Membuat Widget Category di Blogspot

Kemarin-kemarin nih aku tanya temen gimana caranya bikin label tuk ngumpulin artikel2 menurut kategorinya. dia bilang gampang... cuma bilang gampang-gampang doang?? beeegghhhh ... payah
ilmu gak dibagi ntar kualat lo ... hahahahaha (sry yg ngerasa...bukan nyindir... cz pengalaman euy..hahayyy)

but aq ucapin makasih buat temenku yang dah ngajarin bikin teks berjalan di blog ana. (maklum pemproggraman php/html/css ku dan sederetnya  lemah... sekali belajar langsung lupa hehehe kacian).

Artikel-artikel yang diposting, kadang-kadang memang perlu untuk dikelompokkan atau dikategorikan sesuai dengan tema/topiknya. Dengan adanya pengkategorian atau pengelompokan artikel yang telah diposting dapat lebih mempermudah bagi para pembaca untuk memilih artikel mana yang ingin dibaca. Di Blogger untuk membuat kategori dikenal dengan istilah Label.

mungkin bagi yang udah pinter hal beginian dah biasa kali ya. nah bagi mereka yang gak tau.. nenk bagi info ya biar pada tau gitu .... yuk simak say...


Widged category mempunyai peran penting dalam blog, karena dengan adanya category di dalam suatu blog, akan dapat memudahkan pengelompokan artikel dalam blog tersebut, sehingga dapat pula memudahkan para pembaca/pengunjung dalam memilih artikel yang ingin mereka baca berdasarkan category atau klasifikasi artikel dalam blog. Selain itu, blog dengan adanya widged category akan terlihat lebih profesional (cieee... cuit-cuit), untuk itu kita wajib dan harus memasang widged ini pada blog kita.
Kali ini saya akan coba sharing bagaimana membuat widged category yang tentunya menggunkan labels standard blogger (tentunya saya khususkan kepada anda yang memang belum menaruh category diblog berplatform blogspot anda).  
Untuk membuat labels (category) silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

 * Membuat Kategori / Label
 Pilih atau beri tanda centang pada artikel yang ingin diberi label/dikategorikan. Lalu pada Combo box (yang ada tulisannya "label action") pilih "New Label" lalu beri nama label tersebut (kayak contoh gambar disamping ya sob).

nah ....  jadi deh...
 


* Menghapus Kategori / Label
Beri tanda centang pada postingan yang ingin dihapus labelnya, trus klik combo box trus klik label dibawah tulisan "Remove label", Nha jadi deh....

* Mengganti Kategori / Label
Hapus dulu label yang ada, kemudian kasih label baru.

Trus bagaimana cara memasang/menampilkannya di blog ?
Begini  say caranya :
1. Klik Template --> Page Elements
2. Tambahkan page elements kemudian pilih Label trus disitu atur sendiri berdasar pilihannya
udah pada ngerti kan?

seppp silahkan dicuva dicuva ya maksute silahkan dicoba sob.
oya ntar kalo kalian pada mau posting nih, jangan lupa kasih label
caranya anda tinggal masuk ke menu posting > isi postingannya > masukkan isi kategori (misal: blog tutorial, islamic, dsb) anda pada Labels for this post: kotak di bawah kanan dan setelah anda isi, kemudian tinggal anda publish. anda bisa mengisi lebih dari satu kategori dengan memisahkannya dengan menggunakan tanda koma ","(tanpa tanda petik)
Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:

so jangan lupa untuk selalu memberi labels ketika posting artikel agar artikel kita dapat terklasifikasikan dengan baik... good luck kawan...??

Salam ^_^
Share

1 komentar:

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here