Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

September 15, 2011

LOGIKA - 1

Tak terasa, dah lumayan lama nih gak tulis-tulis or update berita + info dll.

huffftt ... gara-gara skripsi lum kelar-kelar, kepala pusing mata juga puyeng...hehehe.
But... kunjungan ke blog tetangga siang ini ada satu artikel menarik tuk dibagi.
simak ya ... lumayan segar tuk bacanya....


Memang benar sesungguhnya logika merupakan obor peneranganyang diberikan Tuhan kepada manusia agar mereka dibawa kepadakebenaran dan memeliharanya dari segala keraguan dan kecurigaanserta mengesampingkan berbagai  pola  fikiran  yang  tidak  berdasardan  dugaan-dugaan  yang salah.

Kemampuan logika merupakan suatu hal yang amat berguna, amat diperlukan dan merupakan suatu karunia akbar. Hanya saja meski memiliki kemampuan yang demikian hebat, tetap saja logika memiliki kelemahan dimana ia dengan sendirinya saja tidak akan bisa memberikan kepastian sepenuhnya dalam pemahaman realitas dari segala hal.
Tingkat tertinggi dari kepastian hakiki ialah ketika manusia  bisa menyadari bahwa realitas suatu benda memang sesuai  denganfaktanya. Dengan logika saja tidak mungkin dicapai tingkat kepastianyang demikian tinggi karena logika hanya membuktikan bahwa sesuatu itu sewajarnya eksis namun tidak membuktikan bahwa hal itu secarafaktual memang eksis.

Tingkat kepastian pengetahuan seseorang seharusnya mampu bergerak dari tingkat ‘seharusnya ada’ kepada tingkatan ‘memang benar ada’ dan hal ini hanya  bisa dicapai jika logika ditemani sesuatu yang setelah meyakini penampilannya lalu mengkonversinya menjadisuatu faktaLogika hanya menetapkan perlunya ada sesuatu namun tidak dapat memastikan eksistensi-nya. Karena itulah logikamemerlukan teman yang menjadi suplemen guna membuktikan apakah‘seharusnya ada’ dari logika dengan afirmative bahwa ‘memang benar ada’ disamping informasi tentang fakta sebagaimana adanya.

Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang menginginkan manusia bisa mencapai tingkat kepastian yang tertinggi dan Dia memenuhi kebutuhan untuk itu dengan cara memberikan beberapa teman bagi logika. Dengan cara demikian maka  arah kepadakepastian hakiki menjadi terbuka agar kalbu manusia yang keselamatannya tergantung pada kepastian tersebut tidak kehilangan haknya sehingga nurani manusia bisa segera menyeberang melaluijembatan berbahaya yang bernama ‘seharusnya ada’ yang melintas di atas sungai keraguan dan kecurigaan, memasuki  istana akbar dari‘memang benar ada’ yang merupakan makam kedamaian dan kepuasan hati.

Teman-teman logika yang juga menjadi penolong tersebut berfungsi menurut saatnya yang tepat dan jumlahnya hanya ada tiga. Dalam hal  logika sedang  mencerna sesuatu yang bisa dirasa  atau diperhatikan seperti sesuatu yang dilihat, didengar, dicium atau diraba, makateman logika yang akan memberikan kepastian  adalah ‘pengalaman.’ Jika logika sedang mempertimbangkan sesuatu yang terjadi di tempat dan saat yang berbeda, maka teman logika dalam hal ini adalah ‘sejarah’ dalam bentuk surat kabar, surat, buku atau catatan.Sejarah berikut pengalaman akan mencerahkan kekelaman logikaseseorang sehingga penyangkalan akan hal itu selanjutnya dianggap sebagai kebodohan atau ketidak-warasan. Bila kinerja logikaberkaitan dengan hal-hal yang bersifat metaphisika  yang tidak bisa dilihat dengan mata, didengar melalui telinga, disentuh dengan tangan serta tidak bisa ditanya melalui sejarah, maka teman yang bisa membantu logika hanyalah wahyuHukum alam menetapkan bahwa sebagaimana cacat kekurangan logika  pada dua keadaan sebelumnya diatasi dengan kedua teman tersebut, maka harus jugaada teman dari logika yang menemaninya pada keadaan kategori ketiga. Dalam hukum alam tidak ada diskriminasi dan selalu berlaku umum.

sumber : http://zonesa.blogspot.com/2011/09/logika-part-i.html#more


Salam ^_^
Share

2 komentar:

  1. eh artikel saya muncul di sini....
    :P

    salam kenal ya....
    ijin follow....
    saya tunggu follow baliknya,,,,,
    :)

    BalasHapus
  2. salam kenal balik...thanks dah mampir
    saya sudah izin copas di bukutamunya bos soale good artikel
    thanks

    BalasHapus

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here