Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

Agustus 14, 2011

Bersepeda Menyehatkan


“..Kriiing.. kriiing ..gowess .. gowess.. kringgggggggggggggg ... tancap abisss............”
Hmmm ... bener-bener enak loh bersepeda. But skrg dah banyak yg ninggalin sepeda beralih ke kendaraan berasap. hhmmm... nenk sih dari dulu saman SMP mpe setengah perjalanan Kuliah masih setia gowes sepeda euy. But ... sekarang dah ada sepeda motor peninggalan kakak yg udah merrid... so ganti dari gowes ke breemmm ... bremmmm ... (heheheTapi tidak semua orang pake kendaraan berasap. masih ada juga yg setia ama sepeda mininya. adek nenk + ponaan juga masih setia kok. nenk juga kadang2 pinjam, bersepeda (xixixi). Nah alasan kenapa kita kudu setia bersepeda tuh karena ... simak artikel dibawah ini ya.
Para pengguna sepeda atau yang biasa kita kenal dengan sebutan penggowes, tidak hanya memberikan dampak positif bagi kesehatan diri mereka saja, tapi mereka juga turut andil dalam meminimalisir tercemarnya polusi udara. Mungkin dengan semakin banyaknya peminat sepeda di sini, Indonesia mampu menandingi negara Belanda yang terkenal sebagai negara dengan pengguna sepeda terbanyak. 
“Goweslah” Kesehatan Anda

Menurut salinan dari www.healthtipspedia.com, ada banyak manfaat yang dapat kita ambil dari mengayuh sepeda, di antaranya;

Sistem peredaran darah dan jantung

Jantung kita berdetak lebih cepat untuk memompa darah dalam memasok oksigen ke otot-otot yang memungkinkan mereka bekerja dengan baik di tubuh kita. Jantung kita memompa sekitar 4 liter darah dalam satu menit saat beristirahat. Seseorang yang mengayuh sepeda (berolahraga) dengan teratur dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.
Tekanan darah

Olahraga teratur dapat men-stabilkan tekanan darah kita. Jika anda memiliki tekanan darah yang tinggi, bersepedalah untuk dapat menguranginya.

Kolesterol

Dengan olahraga teratur anda dapat meningkatkan kadar kolesterol/High Density Lipoprotein dalam darah.

Sendi dan otot

Latihan teratur meningkatkan kekuatan otot kita, keseimbangan, dan kordinasi.

Kulit

Kulit merupakan salah satu organ utama tubuh kita. Selama bersepeda, aliran darah meningkat di kulit kita, menghilangkan panas dari tubuh kita dengan membuang zat sisa melalui keringat.

***

Selain meminimalkan resiko jantung koroner, bersepeda juga dapat mengencangkan otot paha atas, belakang, dan otot betis karena saat bersepeda otot-otot ini mendapatkan “latihan”.

Bagi perempuan hamil juga tidak masalah, anda dapat mengayuh sepeda asalkan ingat harus aman dan berhati-hati. Ini dia tips bagi para penggowes yang sedang hamil menurut pregnancyindetail.com, simak, deh!

Periksa kondisi sepeda

Untuk meminimalkan resiko kecelakaan. Periksa rem agar berfungsi dengan baik serta tekanan ban yang nyaman.

Pemanasan dan peregangan sebelum memulai

Cukup dengan lima menit pemanasan seperti menggerakan kepala, leher, bahu, dada, tangan, paha, dan kaki sebelum mulai menggowes.

Bersepeda pada pagi hari

Bersepedalah saat matahari tidak terlalu panas sekitar pukul 7-9 pagi untuk menghindari dehidrasi. Anda tidak perlu menggunakan krim tabir surya, karena Ultaviolet B pada waktu ini sangat baik untuk kesehatan tulang dan sintesis vitamin D yang dibutuhkan oleh janin.

Sadel yang lebar

Ganti sadel dengan yang lebih lebar sehingga bokong tidak terasa sakit saat menopang tubuh.

Perbanyak minum air

Minum banyak air untuk mempercepat pengeluaran akibat meningkatnya aktivitas otot-otot tubuh. Ketika panas tidak dikeluarkan, maka dapat menyebabkan kelainan bawaan pada sistem syaraf dan sistem tulang belakang janin, terutama selama trimester pertama.

Tambah porsi makan

Ketika bersepeda anda membakar sekitar 150-200 kalori, sedangkan pada masa hamil kenaikan berat badan harus diperhatikan. Maka anda perlu menambah porsi makan setelah bersepeda guna mengganti kalori yang hilang tadi.
***

Saat anda sedang merasa suntuk, stress, marah, atau bosan, cobalah keluar rumah sejenak sambil mengayuh sepeda, berkeliling kompleks atau mencoba rute jalan yang baru. Dengan terkenanya tubuh dan wajah oleh hempasan angin, melihat suasana baru, dan bertemu orang-orang baru, pasti Glowers akan menemukan kenikmatan tersendiri hingga muncul perasaan relaks seiring perjalanan tersebut.

Beberapa tips tambahan buat anda dalam bersepeda:
  • Kursi yang sempit mungkin membuat akan anda tidak nyaman, khususnya bagi pe-sepeda wanita. Maka pilihlah sadel yang lebih lebar atau sadel yang diisi gel/busa agar nyaman saat bersepeda di jalanan.
  • Pakailah helm! Penelitian menunjukan bahwa memakai helm dapat mengurangi resiko cedera kepala hingga 60 persen.
  • Oleskan krim tabir surya pada kulit yang tak tertutup pakaian.
  • Hindari memakai headphone saat bersepeda, Glowers harus selalu waspada dan mendengar apa yang sedang terjadi disekitar.
  • Patuhi peraturan lalu lintas, kendarailah sepeda anda seperti menaiki mobil atau motor pada umumnya.
  • Tingkatkan “penampakan” anda di jalan dengan selalu menggunakan pakaian berwarna cerah, pasang lampu di bagian depan, dan belakang saat anda bersepeda di malam hari.

Sumber : (http://mamikhistory.blogspot.com)



Salam ^_^
Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here