Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

Juli 25, 2011

Anchor Text & Tips dan Triknya

Saat nenk coba liat range backlink di backlinkwatch ada bacaan anchor text.  Apalagi Tuh ?? Anchor Text (Kalo pake bahasa madura anchor : artinya hancur gan). tapi bukan itu artinya bro... yuk mari simak artikel yang nenk posting hasil lirik sana sini bloging ke tetangga gitu ....
Kata-kata yang mengandung link (nenk:tulisan biru) itu yang disebut anchor text, dimaksudkan untuk mempermudah pembaca website atau blog untuk melihat kesatuan artikel secara utuh.

Link yang masuk ke sebuah halaman adalah faktor off-page yang penting dalam search engine optimization. Sebuah link yang menuju ke sebuah link akan membawa / mengandung popularitas dan reputasi  bersamanya. Search engine bisa “membaca” reputasi halaman tersebut melalui anchor text yang tertera.

Bagi yang belum pernah tahu, ini adalah anatomi standar sebuah link jika kamu melihatnya melalui source code sebuah halaman:
/em><a href="http://nenkudo.blogspot.com">Blognya Nenkhudo punya </a>  dan hasilnya adalah: Blognya Nenkhudo punya

a adalah sebuah properti dari HyperText Markup Language yang berarti anchor. href adalah Hypertext REFerence yang menunjukan sebuah tujuan di dunia web. Dan yang dinamakan sebagai anchor text adalah tulisan biru yang digaris-bawahi di atas.
Contoh di atas menggambarkan bahwa link tersebut mengarah dan membagi popularitas ke http://nenkudo.blogspot.com dan reputasi yang diberikan adalah sebagai “Blognya nenk”. Gampang kan?

Klarifikasi: bagaimana dengan link yang berupa gambar yang bisa di click?

Itu juga adalah sebuah link yang menuju ke suatu lokasi. Sama saja seperti link biasa; link tersebut memberikan popularitas ke halaman tujuan. Bedanya, reputasi yang diberikan tidak ada. Search engine tidak bisa menebak nuansa gambar tersebut dan karenanya tidak bisa memberikan reputasi apapun. Karena itu, kalau kamu ingin mengoptimalkan faktor off-page situs kamu, jangan memberikan link yang berupa gambar sob.

Mengapa anchor text penting?

Popularitas sebuah webpage mengindikasikan bahwa ini adalah sebuah halaman yang penting. Tetapi siapapun masih tidak tahu halaman ini populer sebagai apa. Karena itu dibutuhkanlah reputasi untuk menandakan topik / tema halaman.
Bayangkan jika ada link yang menuju ke blog ini dengan anchor text: nenk jelek!. Ini gawat! Selain daripada saya akan menjadi sangat sedih ( :( ), search engine akan menggunakan frase tersebut untuk menentukan nuansa blog ini ( :( :( ). Masa blog ini ditandai sebagai “nenk jelek”.. beda lagi kalo banyak yang bilang blognya nenkhudo uuuaaapiiiikkkk tenan ... (bagus + menarik + bermanfaat dan sebangsanya deh) ato bilang nenk T2 cantik deh (ehemmm hahayyyy..)

Tips dalam menggunakan anchor text untuk off-page optimization

  1. Gunakan text sebagai anchor di sebuah link. Jangan gunakan gambar kecuali memang kamu menginginkannya
  2. Tulislah -secara alami- anchor text yang diisi dengan keyword yang kamu incar untuk halaman yang dituju. Kalau tidak bisa mengandung keyword juga tidak apa-apa asalkan kata-kata yang digunakan memiliki konsep yang berhubungan
  3. Pastikan anchor text yang kamu tulis relevan dengan halaman yang dituju. Jangan sampai anchor kamu mengatakan SinichiKhudo padahal halaman yang dituju membicarakan tentang Mobil Terdasyat
  4. Sebaiknya anchor text berada di dalam paragraf dengan nuansa yang mirip dengan nuansa halaman tujuan. Jika halamannya mendiskusikan film kungfu, dan anchor text yang digunakan adalah kungfu maka sebaiknya paragraf tempat anchor text berada juga berhubungan dengan film kungfu yang dimaksud.
  5. Sebisa mungkin, aturlah anchor text yang menuju ke halaman kamu:
    • Apabila kamu memasangkan link ke website kamu di Facebook profile atau sebagai signature forum, pakailah anchor text yang mendeskripsikan situs kamu.
    • Terkadang para pemilik situs suka bertukar link. Minta tolonglah kepada mereka untuk memasangkan link ke tempat kamu dengan anchor text yang telah kamu siapkan sebelumnya
    • Kalau kamu memasangkan link di sebuah artikel yang kamu tulis atau Facebook notes atau apapun itu, gunakanlah anchor text yang deskriptif dengan website kamu.
Intinya di sini adalah kita ingin menjaga relevansi antara 1 halaman dengan halaman yang lain dan penghubung kedua halaman tersebut memiliki konsistensi akan sebuah topik. Dengan begitu, search engine akan dengan mudah menentukan tema yang relevan dengan halaman kamu dan ranking tinggi untuk tema tersebut menjadi sangat mungkin.

Kesalahan umum dalam penggunaan anchor text

  1. Tidak deskriptif. Kamu pasti pernah lihat link dengan anchor text “click here”. Itu sama saja dengan menandai halaman tujuan dengan reputasi sebagai “click here”. Reputasi macam apa itu???
  2. Dipenuhi dengan keyword-keyword yang tidak relevan. Ingatlah bahwa fokus adalah kunci dari on-page optimization. Jangan menyamarkan tema halaman kamu dengan kata-kata kunci yang tidak benar-benar tertarget.
  3. Overoptimization; selalu menggunakan anchor text yang sama untuk sebuah halaman tujuan. Fokus memang penting, tetapi menjaga kealamian dalam SEO lebih penting lagi.Coba kamu pikir, dari begitu banyak orang yang membaca dan menyukai konten halaman kamu yang membicarakan soal SEO, masa mereka semua memberikan link dengan anchor text “SEO”? Tidak mungkin demikian, setiap orang mungkin melihat poin penting yang berbeda walaupun halamannya sama dan karenanya mereka pun akan memberikan reputasi yang berbeda dengan bentuk yang beragam juga.

Kesalahan ini biasa terjadi karena kita suka lupa dan tidak memikirkan pembaca. Ini kesalahan paling mendasar dari semua optimizer. Ingatlah bahwa anchor text juga dibaca oleh manusia. Maka dari itu kita harus menjaga agar experience mereka, dari 1 halaman ke halaman yang lain tetap enak dan nyaman. Buatlah mereka merasa comfortable dengan situs kamu dan semua reputasi yang bernada positif akan datang dengan sendirinya untuk website kamu.




Salam ^_^
Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here