Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

Oktober 10, 2011

Kuesioner & Audiensi

Malam tadi, ada sms tentang pertemuan audiensi n kemaren ada yang bingung tentang angket dan kuesioner... hmmm...emang sih kata-kata itu udah  biasa kita denger n paham + ngerti bagi yang tau pastinya. tapi bagi yang gak ngerti di hari gini…beeegh ?? Pengertian  Audiensi atau  yang  dalam  bahasa inggris  sering  disebut  sebagai Hearings, mungkin  bukanlah  suatu  istilah yang  yang  baru  kita  dengar .  Namun  apakah  kita  cukup  memahami maksud dari arti kata yang dimaksud?.

Oke bagi yang kurang ngerti or gak tau tentang ntu nenk kasih ringkasannya ya sob..moga bermanfaat n dapat tambahan ilmu buat kita semua (amien).

Setelah  mencari  kesana  kemari  akhirnya  nenk  menemukan  beberapa jawaban  tentang  istilah  sebenarnya maksud  atau defenisi dari angket dan audiensi tersebut.  


Angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan yang diajukan pada responden untuk mendapat jawaban (Depdikbud:1975) 
Angket adalah suatu daftar atau kumpulan pertanyaan tertulis yang harus dijawab secara tertulis juga ( WS. Winkel, 1987) 
Angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan komunikasi dengan sumber data ( I. Djumhur, 1985 ) 
Kuesioner atau angket merupakan teknik pengumpulan data yang tidak  memerlukan kedatangan langsung dari sumber data ( Dewa Ktut Sukardi, 1983 ). 
Kuesioner adalah suatu daftar yang berisi pertanyaan yang harus dijawab atau dikerjakan oleh orang/anak yang ingin diselidiki atau responden ( Bimo algito, 1987 ). 

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan pengertian Angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan tertulis yang diajukan kepada subyek untuk mendapatkan jawaban secara tertulis juga.


Menurut  kamus  pengertian  Audiensi  "audience"  berarti  para pendengar ,  penonton,  dan  hadirin.  Sedangkan  pada  beberapa  sumber lain  diartikan  sebagai:  kunjungan  kehormatan;pengunjung  atau pendengar  suatu  ceramah  dsb;  ber·au·di·en·si  melakukan  audiensi: Pejabat  ~  dengan  rakyat.  Jadi  mungkin  dapat  disimpulkan  bahwa audiensi  adalah  proses  dengar  pendapat  antara  dua  belah  fihak,  dan membahas suatu hal tertentu.
Dalam melakukan sebuah audiensi seperti contoh diatas  tentu saja kita

memerlukan  beberapa  persiapan  yang  harus  dipersiapkan  seblumnya, selain  tema  yang  akan  di  bahas  nantinya  tentu  saja  sebelumnya  kita harus  mengajukan  surat  audiensi  kepada  fihak  yang  akan  beraudiensi dengan  kita.  Apalagi  fihak  tersebut  merupakan  pejabat  atau  instansi besar , hal ini mutlak diperlukan. Selain sebagai bentuk tertib administrasi juga  untuk  memberikan  jadwal  yang  jelas  akan  waktu  kapan  audiensi tersebut akan dilakukan.

Salam ^_^
Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here