Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

September 30, 2012

Tips Cara Mengusir Tikus & Curut


Nah, ni lgi blokwalking malem2....
lgi sebel ama coneksi intrnet yg lelet, yg dicari masih loading terus eh ketemu artikel menarik tentang binatang atu yg kadang ngeselin. Pada tau tidak ? bener...  Tikus adalah mamalia binatang pengerat yang suka tinggal sama kita bangsa manusia. Tikus tidak hanya merugikan karena kelakuannya yang membuat barang-barang rusak, makan makanan kita tanpa izin dan membuat orang yang takut tikus jadi ketakutan. Tetapi juga dapat menyebarkan bibit-bibit penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia seperti leptospirosis, pes, dan lain sebagainya.
iiihhhhhhh..........syerem........euy
Kita bisa mengusir mereka tanpa bantuan obat/bahan kimia, alat elektronik, ahli penanggulangan tikus (pest control), jebakan tikus, dan lain-lain. Cukup dengan buah mengkudu kita bisa membuat tikus tidak betah tinggal di tempat kita dan angkat kaki dengan sukarela. Caranya yaitu dengan memotong-motong buah pace / mengkudu segar yang baunya menyengat, lalu kemudian letakkan potongan-potongan buah pace tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Selamat mencoba semoga berhasil.

Cara nie lum nenk coba..just sharing ja ma kalian mungkin da yg lgi kesel ma ni atu binatang.....yg penting gak ngebunuh tpi mereka kabur gak balik lgi. Abis baca nie artikel nenk langsung sebar sms ke temen taxa2 yg punya poon pace tuk bagi buahnya...tuk coba at home (blkng rumah pd sering dikunjungin binatang nie..demen amet ya dia) ...coz di pasar sulit cari nie buah...hehehe...

oya sob ... ada lgi nieh cara yg lain :
Buah Durian
Persiapkan dua atau tiga buah durian (Durio zibethinus). Potonglah durian menjadi beberapa potong. Bagian ini yang enak, makanlah isinya. Kemudian, letakkan potongan kulit durian tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Nah, bau yang menyengat dan kulit yang berduri dari durian akan membuat tikus pergi dari rumah.

Kapur Barus (Kamper)
Hancurkan secara kasar saja beberapa buah kapur barus (Dryobalanops aromatica) kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Cara ini cukup efektif dan murah meriah. Tikus pergi, rumah Anda pun wangi.

Minyak Mint
Oleskan minyak yang berasal dari daun mint (Mentha codifolia) pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tidak akan datang lagi ke tempat itu karena tikus tidak suka bau mint.

NB : tuk cara kapur barus tu emang pernah neng coba dulu bener ampuh bro..tapi kudu continue ... 
tpi kudu hati2 juga buat yg pny sesak nafas,,....coz bau-bauan wangi kamper xengat juga bikin sesak nafas....
so nenk hentiin kasian bibi' dia sesak...tuk kluarga yg lain sih asyik aja enak..

intinya rumah bersih kagak bakalan da tikus lewat hehehe...
tpi ya ntu dia pdahal dah bersih tpi masih ja dilewatin..hedeeuwww.... 

Monggo sob..sila dicoba ya..ntar di sharing disini hasilnya how...ok..ok
thanks

Hal penting yang harus diingat adalah jagalah kebersihan. Mari hidup sehat dengan meminimalisir kehadiran tikus-tikus pembawa penyakit itu ke rumah Anda. Semoga bermanfaat! ;)

sumber : google
Salam ^_^
Share

9 komentar:

  1. sob, pakai daun sirsak, ama kulit salak juga bisa lho

    BalasHapus
  2. daun sirsaknya di apakan mas...???
    trus daun salaknya di apakan juga...?????

    di geres atw di letakkan aja...???
    ;)

    BalasHapus
  3. Intinya, tikus gak suka sm bau yg menyengat ya... Klo duren ake lah... Tapi klo mengkudu, bukan cuma tikus, saya jg bisa kabur dr rumah... :D

    BalasHapus
  4. Tikus masuk rumah ada tujuan utamanya yaitu :
    1. mencari makanan, atau sisa makanan atau ceceran makanan.
    2. masuk rumah karena rumah/ gudang/ kandang atau apalah yang dia masuki ideal untuk bersarang dan tikus berlari sambil mengeluarkan air kencing untuk menandai rute dan daerah kekuasaannya.
    3. masuk rumah karena numpang lewat terutama pada rumah yang berdempetan, kopel dll.
    Maka saran saya agar rumah tidak disukai tikus antra lain :
    1. makanan usahakan tertutup rapat, sisa makanan buanglah di bak sampah diluar rumah.
    2. usahan penataan perabot dalam rumah terutama kardus-kardus buanglah barang-barang yang tidak berguna (biasanya eman pada barang yang nggak kepakai buntutnya .... kumuh!!), usahakan pada gudang tidak ada lobang untuk jalan lalu-lintas tikus.
    3. kebersihan lantai terutama, sering di pel untuk menghilangkan ceceran air kencing tikus dan bau tikus.
    Kalau makanan tidak ada, tempat tidak enak bersarang, jalan lewat susah didapat, ngapain tikus masuk rumah.
    Namun saya telah mencoba suatu cara agak lebih gampang untuk mengusir tikus.
    Begini ambil Sabun cair "Sunlight jeruk nipis 100", gunting kecil bungkusnya cecerkan cairan pada jalan yang kemungkinan sering dilewati tikus niscaya tikus tidak suka bau maupun cairan kental yang mengotori kakinya. ini telah saya coba dan berhasil memuaskan.Silakan coba !!

    Mengusir cecurut:
    Sedang untuk mengusir cecurut, cara lebih murah adalah ambil daun sirsak/ sirsat 15 s/d 25 lembar (agar tak berserakan dikat atau masukkan dalam platik yang telah dilobangi besar-besar kira Ø 2cm,letakkan pada sudut-sudut pada tempat yang dikunjungi cecurut ... cecurut langsung tutup hidung dan ngacir. tapi begitu bau daun sirsak hilang/ habis cecurut akan kembali, makanya harus sering diganti.

    Mengusir/membunuh kecoa:
    Yang efisien membunuh kecoa adalah memakai kapur semut, tapi jangan dicoretkan pada dinding atau lantai seperti diiklan TV(awas debu racunnya berterbangan lho...)tapi patahkan kapur semut kira-kira 1 s/d 2cm letakkan pada sudut-sudut bawah meja- dapur, gudang, kamar mandi, wc dan tempat-tempat yang disukai kecoa.
    Apabila kapur terbawa waktu anda menyapu lantai atau membersihkan perabot, letakkan kembali kapur semut ketempat semula. Nah rumah anda akan terbebas dari kecoa dan paling-paling ketemu bangkainya.

    Untuk mengusir semut:
    Sangat susah untuk binatang yang satu ini. Tapi saya telah mencoba, untuk semut merah, semut api berhasil tapi untuk semut pudak (semut yang kecil dan lembut)belum saya lakukan.
    Caranya seperti kapur pada kecoa kapur dipotong-potong tapi meletakkan kapurnya didepan pintu masuk rumah semut. semut akan pindah ketempat lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah hebat euy .. thanks bnyak ya infony mkasih.
      oya gan rumah ane lantainy selalu bersih coz slalu di pel. n tmen2 jga lok k rmah pda seneng coz ktax xaman n bersih (cie.....cieee.... promosi coey)
      anehnya tiap hari tu tikus2 pada demen di atas atap. mpe ngejatuhin kotoran gitu kadang. ntu terjadi mngu2 ni mpe sebel sndiri coz kdang lok angin gitu bau kencingx ntuh wooooow tikus luar biasa (versi ariel Noah :P :D)
      pas gmana tuh gan cara ngatasinnya y? ane sebel berat tu tikus pada demen bertengger di atas. thanks

      buat sobatt2 n agan2 yang lain jika ada yg patut d share silahkan d share d blog ane. makasih bnyak

      Hapus
  5. Klo mo atasi tikus dengan rodentisida, hubungi saya ya...

    BalasHapus
  6. makasih banyak sistah, berguna banget infonya :D

    BalasHapus
  7. Bagus banget, sy sudah capek nih sm curut,, bau banget tae nya,,, makasih nih bermanfaat banget infonya,,

    BalasHapus
  8. Terima kasih udah share cara mengatasi tikus dan cecurut menyebalkan semoga bermanfaat...

    BalasHapus

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here