Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

Juli 18, 2012

Letak Pulau Madura

Hahay...bagaimana mungkin asli penduduk madura tapi gak tau Maduranya sendiri...hehehe...kalo SD sih, hal begituan udah diluar kepala euy...tpi pas beranjak dewasa udah pada ilang...payah...dari pada ntar ilang-ilang lgi mending simpan di blog dah...sekalian sharing..mungkin ada yg minat mau pelajari sejarah..ups...gayanya...kayak sendirinya pinter sejarah aja ya si nenk..sssttt.... udah ah intermesonya sekarang simak artikel ini ya sob...

Pulau madura merupakan salah satu pulau kecil diantara sekian banyak pulau yang ada di Indonesia. Pulau madura terletak di timur laut Jawa kurang lebih 7 sebelah selatan dari khatulistiwa diantara 112 dan 114 bujur timur.
Luas Pulau madura 4.887 Km2,. Panjangnya kurang lebih 190 Km dan jarak yang terlebar 40 Km. Pantai utara merupakan suatu garis panjang yang hampir lurus. Pantai selatannya di bagian timur mempunyai dua teluk yang besar terlindung oleh pulau-pulau, gundukan pasir dan batu-batu karang.
Batas-batas administrasi Pulau Madura adalah:

  1.  Batas sebelah utara: Laut Jawa
  2. Batas sebelah selatan: Selat Madura
  3.  Batas sebelah timur: Laut Jawa
  4. Batas sebelah barat: Selat Madura
Kondisi geografis pulau Madura dengan topografi yang relatif datar di bagian selatan dan semakin kearah utara tidak terjadi perbedaan elevansi ketinggian yang begitu mencolok. Selain itu juga merupakan dataran tinggi tanpa gunung berapi dan tanah pertanian lahan kering.
Iklim di daerah pulau madura adalah tropis dengan suhu rata-rata 26,90C. Musim kemarau kering rata-rata 2-4 bulan atau pada musim kemarau panjang 4-5 bulan. Curah hujan rata-rata antara 1500 – 200 mm dengan jumlah hari hujan sekitar 88 hari pertahun. Suhu udara maksimum rata-rata 30,50C. Kelembaban rata-rata 79 %.
Komposisi tanah dan curah hujan yang tidak sama dilereng-lereng yang tinggi letaknya justru terlalu banyak sedangkan di lereng-lereng yang rendah malah kekurangan dengan demikian mengakibatkan Madura kurang memiliki tanah yang subur.

sumber : sejarah + http://gokbm.org

 Salam ^_^
Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here