Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

Maret 20, 2014

Cara Menghapus Virus & Sumber Induk Virus MAHO VIRUS



بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم




Assalamu'alaikum sobat nenk ... met pagi all. Eleh-eleh lama banget ya sob, nenk gk share. ok-ok, now, Alhamdulillah euy iso' upload again. langsung ja sob ... kali ini mo ngebahas about virus.
Cara Menghapus Virus & Sumber Induk Virus Porn.exe, Secret.exe, Password.txt, Sexy, dan X [ MAHO VIRUS ]
Hayoo... hayoo siapa yang flashdisknya sobat ada virus maho (spt judul share kali ini) ?? Ceritanya, FD nenk tu terjangkit virus gituan gara2 adik2 di kls pada pinjam copy data, aish ... jadi .... yach gitulah. 
Kita ketahui ciri-ciri ntu pirus ya sob :

  • Ketika mencolokan media USB flash disk atau sejenisnya ke komputer atau laptop selalu ada file porn.exe, secret.exe, password.txt, sexy dan x
  • Folder dalam flash disk berubah extensinya menjadi exe
  • Aplikasi/software dengan extensi exe dalam flash disk akan hilang atau terhapus secara otomatis. ini terjadi karena ulah si virus
  • Tidak bisa menghilangkan centang “hide protected operating system files” pada folder option di windows explorer. kalaupun bisa, itu hanya sementara  dan masih banyak lagi.
aish .... xebelin deh ya ....
So, sabar ...Akhirnya nenk googling, berharap menemukan solusi yang mudah dipahami. And tada .... dri berbagai sumber di google nemuin deh caranya. Nih dia sob cara jitunya !

Bisa dengan 2 cara. n dua cara ini ampuh kerjana di tempat nenk berhasil. sila coba salah satunya.

Cara Pertama 

1. Cek System Configuration
Caranya : Klik START pada form search ketikkan “System Configuration” Klik Tab Startup
Kemudian lihat apa ada program yang mencurigakan-


2. buka Registry Editor
Caranya : Tekan WINDOWS (/ gambar bendera samping Fn ALT) + R ketikkan “regedit”
Cara ke 2 : Klik START pada form search ketikkan “run” ketikkan “regedit”
Kemudian masuk keà HKEY_LOCAL_USER/Software/Microsoft/windows/Currentversion/Run

Nah... dari situ kita bisa lihat Sumber Induk Virusnya berada dimana

3. selanjutnya harus dibasmi tuh virus-
Caranya : Restart Tekan dan tahan F8 saat menyala (masuk Safe Mode) Tekan dan Pilih Safe Mode
Kemudian selanjutnya cari Sumber Induk Virus yang tadi sudah diketahui lokasinya, lalu HAPUS virus itu.

Kalo Sumber Induk Virusnya engga' ada-OK ikuti langkah dibawah :
 Masuk ke Control Panel - Pilih dan Klik “Folder Option” - Tekan View - Ceklist pada “Show hidden files, folders, and drives - Hilangkan centang pada “Hide protected operating system files (recommended)” - Apply - OK - Kembali ke lokasi Sumber Induk Virus tadi - HAPUUUUUUSSSSS-!!!!!

4. Scan full system dengan Antivirus yang anda punya (nenk pake Esset Nod32)
 
NOTE !
Untuk nama Sumber Induk file virus tidak harus sama seperti di atas, kadang ada qhtug.exe, ntfen.exe dll tapi meskipun beda namanya, untuk letak virus terkadang tetap sama seperti di atas. PENCEGAHAN VIRUS MAHO bisa dengan > Nonaktifkan System Autorun pada laptop / PC Anda <

Cara Kedua

kita memerlukan ada dua buah aplikasi yang harus sudah terinstal di komputer kita. Dua aplikasi tersebut yaitu:1. Winrar   2. Antivirus
Lanjut ...
1. Buka aplikasi Winrar dengan mengklik menu Start -> All Programs, scroll ke bawah sampai ketemu Aplikasi Winrar.
2. Double Click sampai muncul jendela aplikasi Winrar seperti gambar di bawah ini.


 3. Klik icon “back” atau “up one level” yang nenk tandai dengan gambar bintang merah pada gambar di step nomor 2 di atas. Klik terus sampai mentok alias Winrar menolak untuk terus back.
4. Setelah itu, klik drive C: pada komputer Anda. Drive ini adalah drive tempat Windows Anda terinstal.

5. Cari dan klik folder “Users”.

6. Klik folder dengan TYPE System Folder, nama folder ini bisa berbeda-beda dan biasanya dinamai dengan suka-suka oleh pemilik/pengguna komputer. Kalau tidak ketemu, silakan klik kanan pada jendela Winrar tersebut, pilih “View As” kemudian pilih “Details” sehingga muncul detil mengenai Name, Size, Type serta tanggal terakhir folder termodifikasi. 

7. Sekarang kita tinggal mencari yang mana file yang merupakan virus. Cirinya adalah file dengan ekstensi .exe di belakang nama file. Terkadang terdapat lebih dari satu file dengan ekstensi .exe tersebut, langsung hapus saja semua file dengan ekstensi .exe. Cara menghapusnya bisa dengan klik kanan kemudian pilih “delete” atau dengan menekan tombol “SHIFT” dan “DELETE” pada keyboard komputer Anda secara bersamaan, atau bisa juga dengan mengubah tipe file tersebut menjadi “Text Document” dengan ekstensi .txt. Caranya adalah dengan merename. 

9. Jika virus tidak dapat dihapus alias bandel, jangan menyerah dulu. Ada cara lain yaitu masuk Windows melalui “Safe Mode”. Caranya adalah Restart komputer Anda, dan segera tekan tombol F8 pada keyboard  untuk masuk ke safe mode - Pilih “Safe Mode”  kemudian tekan “Enter”.
 
10. Komputer Anda akan menampilkan Windows Safe Mode dengan tampilan mirip Windows 98. Ulangi langkah-langkah nomor 1 s.d. 8. Pada tahap ini diyakini virus bandel tersebut sudah terhapus.

11. Setelah langkah tsb selesai, Jangan lupa scan laptop/PC anda dengan antivirus yang telah update. ok ok sob.

Salam ^_^
Share

2 komentar:

  1. Terima kasih buat ilmu yg manfaat ini ya Nenk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama .... thanks dah berkunjung gan

      Hapus

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here