Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

Juni 28, 2013

Belajar Bahasa Korea


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Assalamu'alaikum sobat nenk

Annyeonghaseyo chingu...

Pas lagi cari-cari aplikasi khusus HP, nenk nemuin blog yang ok punya sob. Sahabat senang bahasa korea? Yups...nenk juga suka dan ingin sekali memperdalam bahasa korea.Walo gak tau sok maksa aja (wkwkwk...) Maunya sih nenk pengen fasih 3 bahasa : Bhs.Inggris, Bhs. Jepang n korea. Tapi apa mau dikata, gak da yg fasih. Kalo pilm2 sih pasti fasih (hehe..malu euy)
Yah dah lama nenk suka abis ama film2 & drama asia kyak Japan, Korea, Taiwan, HK (yang ceritanya bagus2 tpi) sejak smp euy. Nah baru kali ini ngerasa perlu posting tentang artikel ni. sengaja nenk kutip langsung dari IKKY , dan nenk edit jadi atu, sebagai penambah ilmu pengetahuan kita tentang Bahasa. Langsung aja ya sob, moga bermanfaat euy

Let's Learn Korean Language.... :)




Daftar Isi







Belajar Kosa Kata Korea – [ Kembali ke daftar isi ]


Ini sedikit kata-kata yang sering diucapkan......

chingu = friend .. sahabat
gomawo = terima kasih
kamsahamnida = terima kasih *untuk ucapan formal*
komapsumnida = terima kasih
yeowonhi = forever
kkum / ggom = dream
pabo/babo = fool / stupid .. bego
uri = kami
sajin (foto),
sigan (waktu),
jasin (percaya diri),
jigeum (sekarang),
jib (rumah)
hyeong = kakak laki2 (yg memanggil adik laki2)
oppa = kakak laki2 (yg memanggil adik perempuan)
nuna = kakak perempuan (yg memanggil adik laki2)
eonni = kakak perempuan (yg memanggil adik perempuan
bom : spring
yeoreum : summer /panas
gyeoul : winter
gaeul : fall/autumn
mian, mianhe, mianhanda: maaf
yeobsoyo: halo *utk percakapan telfon*
사랑 (Sarang) = Love
사람 (Saram) = Orang
살 (Sal) = Hidup
헹복 (Haengbok) = Bahagia
마음 (Maeum) = Hati


Aku Cinta Kamu = Saranghae Saranghamnida
Aku Suka Kamu = Choaheyo
Senang Bertemu Dengan Mu = Mannaseo bangapseummnida
Saya Orang Indonesia = Indonesia saramimnida
Saya Belajar Bahasa Korea = Naneun hangugeoreul baeunda
Maafkan Aku = Mian ne Mian hamnida
Maaf = Choesonghamnida
Apa kabar ? = Annyonghashimnikka ?
Bagaimana kabar anda ? = Ottoke chinaeshimnikka ?
Siapakah anda ? = Nugu yeyo ?
Kalian Dari Mana ? = Neohuideureun eodieseo wanni ?
Boleh, Silahkan = Ne, doemnida
Bagus Sekali = Maeu joseumnida
Oke = Jeoseumnida
Tidak = Anio
Iya = Ye
Ne
Tidak Pernah = Gyeolko animnida
Aku Mengerti = Algesseoyo Arayo
Aku Nggak Tau = Mollayo
Ya, Ada = Ne, isseoyo
Siapa Nama Mu ? = Ireumi mwoyeyo?
Nama Ku Jeong Ji-Hoon = Jeo neun Jeong Ji-Hoon ieyo
Apakah Ini ? = Ige mwoyeyo?
Sangat Cantik = Cham yebbeoyo
Nggak Apa-Apa = Goenchanayo
Baik-Baik Saja, Terima Kasih= Jal jinaepida, gamsahamnida
Maaf, Tidak Tahu = Minhamnida, jal moreugesseumnida
Aku Suka Nasi Goreng = Jeoneun nasi gorengeul joahamnida
Penyanyi : Gasu
Keluarga : Gajok
Masuk Angin : Gamgi
Polisi : Gyeongchal
Kucing : Goyangi
Teman : Gongwon
Telefon Umum : Gongjungjeonhwa
Bandara : Gonghang
Kue : Gwaja
Sepatu : Gudu
Seratus : Baek
Rumah Sakit : Byeongwon
Pulpen : Bolpen
Roti : Ppal
Toko Buku : Seojeom
Restoran : Sikdang
Indah : Areumdappda
Bayi : Agi
Pagi : Achim
Koran, Surat Kabar : Sinmun
Majalah : Japji
Anak – Anak : Eorini
Rumah : Jip
Kopi : Keopi
Taksi : Taeksi
Televisi : Tellebijeon
Pesta : Pati
Hotel : Hotel
Kantor : Hoesa
Sekolah : Hakgyo
SD : Chodeunghakgyo
SMP : Junghakgyo
SMA : Godeunghakgyo
Murid SMA : Godeunghaksaeng
Universitas : Daekhagyo
Laki – Laki : Namja
Perempuan : Yeoja
Adik Laki – Laki : Namdongsaeng
Adik Perempuan : Yeodongsaeng
Kwaenchansumnida : tidak apa-apa
Chonmaneyo : kembali
Shillyehamnida : permisi




NAMA HARI


Senin : Wolyoil
Selasa : Hwayoil
Rabu : Suyoil
Kamis : Mokyoil
Jum’at : Geumyoil
Sabtu : Toyoil
Minggu : Ilyoil



NAMA BULAN

Januari : Irwol
Februari : Iwol
Maret : Samwol
April : Sawol
Mei : Owol
Juni : Yuwol
Juli : Chirwol
Agustus : Parwol
September : Kuwol
Oktober : Shiwol
November : Shibirwol
Desember : Shibiwol



PERAYAAN PENTING DI KOREA


1 Januari : Sollal (Tahun Baru)
1 Maret : Samil jol (Pergerakan Kemerdekaan)
10 Maret : Nodong jul (Hari Buruh)
10 April : Sikmok il (Hari Anjang-anjang)
19 April : Sail guhak saeng hyuk myong (kebangkitan mahasiswa)
5 Mei : orini nal (Hari Anak Nasional)
8 Mei : Oboinal (Hari orang tua)
16Mei : Gunsa hyok myong (Revolusi militer)
6 Juni : Hyon chung il (Hari pahlawan)
25 Juni : Yugio (Perang korea)
17 Juli : Jehan jol (Hari undang-undang
15 Agustus : Kwong bok chol ( Hari pembebasan kemerdekaan)
Chusok ( Festival Bulan)
1 Oktober : Guk gun uinal (Hari angkatan bersenjata)
3 Oktober : Gae Chonjol (Hari yayasan nasional)
9 Oktober : Hangul nal (Hari huruf korea)
24 Oktober : Yuen uinal (Hari negara serikat)
3 November : Hak saeng uinal (Hari pelajar)



NAMA MUSIM


Musim Semi : Pom
Musim Panas : Yorum
Musin Gugur : Kaul
Musim Dingin : Kyoul


NAMA WARNA


Hitam : Komjongsaek
Putih : Huinsaek
Merah : Ppalgansaek
Kuning : Noransaek
Biru : Paransaek
Coklat : Kalsaek
Ungu : Porasaek
Merah muda : Punhongsaek
Hijau : Choroksaek
Abu-abu : Hoesaek
Biru laut : Badasaek
Emas : Kumsaek
Perak : Unsaek



Kosa Kata tentang Keluarga  – [ Kembali ke daftar isi ]



Annyeonghaseyo chingu... 

Berikut ini adalah kosakata bahasa Korea yang berhubungan dengan keluarga... Nenk posting disini siapa tahu ada yang membutuhkan, sekalian bahan buat nenk belajar. Silahkan disimak...

가 족  kajok : keluarga
저부머 jobumo = orangtua ayah/ibu
할아버지 harabeoji = kakek
할머니 halmeoni = nenek
부모 bumo = orangtua
아버지 abeoji = ayah (formal)
아빠 appa = ayah (informal)
어머니 eomeoni = ibu (formal)
엄마 eomma = ibu (informal)
형제 hyeongje = saudara laki-laki
차 매 chamae = saudara perempuan
아들 adeul = anak laki-laki
딸 ttal = anak perempuan
선자 sonja = cucu laki-laki
선뇨 sonnyeo = cucu perempuan
사 촌 sachon = sepupu
형 hyeong = kakak (laki-laki) anak laki-laki
누나 nuna = kakak (perempuan) anak laki-laki
오빠 oppa = kakak (laki) anak perempuan
언니 eonni = kakak (perempuan) anak perempuan
동 생 dongsaeng = adik laki-laki/perempuan
남동 생 namdongsaeng = adik laki-laki
여동 생 yeodongsaeng = adik perempuan
부부 pubu = suami istri
아 내 anae = istri
삼촌 samchon = paman
아줌마 ajuma = bibi (orang lain)
아저씨 ajôssi = paman (orang lain)
그모 kumo = bibi (saudari ayah)






Beberapa Perubahan Kata "Cinta" Dalam Bahasa Korea – [ Kembali ke daftar isi ]




1. 사랑 ( sarang ) dalam bahasa Korea artinya cinta .
2. 사랑 하다 ( sarang hada ) = mencintai. kata ini disebut Verb base ( kata kerja dasar ). Dalam contoh sederhana : 나는 너를 사랑 하다 ( Naneun neoreul sarang hada ) ” aku mencintaimu “
3. 사랑해 ( sarang hae ) : kata ini digunakan untuk menyatakan ke akraban ( intimate ). sedangkan halusnya ( polite) adalah 사랑 해요 ( sarang haeyo ).
4. 사랑합니다 ( sarang hamnida ) : mencintai.digunakan dalam kalimat formal -hormat.저는 당신을 사랑합니다 ( jeoneun dangsineul sarang hamnida ) “saya mencintai anda “. Sedangkan dalam kalimat pertanyaan, 사랑합니다 ( sarang hamnida ) dirubah menjadi 사랑합니까? ( sarang hamnika ? )
Catatan :
a. Huruf akhir ( bachim ) ㅂ ( b/p ) ketika bertemu dengan ㄴ( n ) maka dibaca ㅁ ( m ).받침 ㅂ, ㅍ [p] + ㄴ [n] / ㅁ [m]
─> [m.n , m.?] / [m.m]
b. Dalam bahasa korea dikenal ada bahasa pergaulan ( 반 말 ) dan bahasa halus/hormat ( 존대 말 ).
5. 사랑 하시다 ( sarang hasida ) adalah bentuk kehormatan ( kromo inggil dlm bahasa jawa ).
6. 사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ): tidak mampu mencintai
7. 사랑 할수있다 ( sarang hal suitda ) : bisa mencintai
8. 사랑 할 수없다( sarang hal sueopda ) : tidak bisa mencintai. kata ini adalah bentuk negatif dari sarang hal suitda. Secara umum lebih sering digunakan kata ”사랑 하지 못 하다 ( sarang haji mot hada ): tidak mampu mencintai.
Mungkin kita juga pernah mendengar kata di bawah ini :
9. 사랑 할수록 ( sarang hal surok ) = semakin mencintai , misalnya ada lagunya Boohwal 사랑 할 수록, yang liriknya : 너를 사랑하면 할 수록 ( neoreul saranghamyeon hal surog ) = semakin lama mencintai maka akan semakin sayang.
10.사랑한다고 ( sarang han dago ) = ” ( aku bilang) aku mencintamu ” .는/은 다고 (-n/neundagoyo) adalah akhiran yang mengulangi pernyataan seseorang . Hal ini dapat digunakan untuk menekankan, menegaskan kembali, atau bila digunakan dalam bentuk pertanyaan, untuk mengkonfirmasi pernyataan sebelumnya.
Beberapa kata tentang cinta :
사랑에 빠지다 ( sarang ppajida ) = jatuh cinta
사랑을 고백하다( sarang gobaek hada )= pengakuan cinta
첫사랑 ( cheossarang ) = cinta pertama
사랑하는 ( sarang haneun ) = kekasih.
눈먼 사랑 ( nun meon sarang ) = cinta buta
깊은 사랑 ( kipeun sarang ) = cinta yang mendalam
사 랑 없는( sarang eopneun ) = tanpa cinta
사랑스러운( sarang sereoun ) = cinta yang berkesan,
순진한 사랑 ( sonjinan sarang ) = cinta murni 






Nama kita dalam Bahasa Korea – [ Kembali ke daftar isi ]


Nama Korea terbagi atas marga diikuti nama kecil, yang dipergunakan oleh orang korea di Korea Utara dan Korea Selatan. Dalam bahasa korea , 'ireum' biasanya menunjuk ke nama keluarga (seong) dan nama kecil (myeong) secara bersama. Lamanya sejarah dalam penggunaan nama marga menyebabkan kepunahan banyak nama marga. Hanya ada 250 nama marga Korea yang paling umum, dan 3 yang paling besar adalah (Kim, Lee, dan Park) yang mencakup hampir setengah dari populasi.

.. Nama dEpan(fr0nt namE):
angka paLing bELakang tahun Lahirmu..


0. Park
1. Kim
2. Shin
3. Choi
4. Song
5. Kang
6. Han
7. Lee
8. Sung
9. Jung

..Nama tEngah(center name) : Bulan tanggaL Lahirmu..
1. Yong
2. Ji
3. Je
4. Hye
5. D0ng
6. Sang
7. Ha
8. Hyo
9. Soo
10. Eun
11. Hyun
12. Rae

..Nama bELakang(namE Back): tanggaL Lahirmu..
1. Hwa
2. Won
3. Joon
4. Hee
5. Kyo
6. Kyung
7. Wook
8. Jin
9. Jae
10. Geum
11. Ra
12. Bin
13. Sun
14. Ri
15. Soo
16. Rim
17. Ah
18. Ae
19. NeuL
20. Moon
21. In
22. Mi
23. Ki
24. Sang
25. Byung
26. Seok
27. Gun
28. Yoo
29. Seup
30. Won
31. Sub 






Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea – [ Kembali ke daftar isi ]


Selamat Ulang Tahun = 생일 축하합니다 (saengil chukha hamnida) [lebih sopan]

atau
Selamat Ulang Tahun = 생일 축하해요 (saengil chukhahaeyo) [sopan]


Happy birthday. Hope you have a long life, always be happy and healthy! = 생일 축하해요, 오래 행복하게, 건강하게 사시고 (saengil chukhahaeyo. orae haengbokhage, geonganghage sasigo!)

Happy Birthday... Eat well, rest well, stay healthy and be happy = 생일 축하해요... 잘 드시고, 잘 쉬시고, 건강하게 지내시고 행복하세요 (saengil chukhaheyo... jal deusigo, jal swisigo, geonganghage jinaesigo haengbokhaseyo)


Iseng-iseng belajar bahasa korea dari lagu-lagu ucapan selamat ulang tahun. pasti chingudeul udah banyak yang tau tentang yang satu ini. tapi gak apa-apa deh, saya mau share disini, hehehe....


1. 생일 축하 합니다 ( saengil chukha hamnida ) versi Happy Birthday .

Lagu ini yang paling sering kita dengar mungkin karena hanya alih bahasa dari ucapan ” selamat ulang tahun ” yang sering kita dengar. Liriknya adalah sebagai berikut :
생일 축하 합니다 생일 축하 합니다 ( saengil chukha hamnida saengil chukha hamnida )
사랑하는 …… ( 이름 ) 생일 축하 합니다 ( saranghaneun …… ( ireum ) saengil chukha hamnida ) .. 2 x
Selamat ulang tahun, selamat ulang tahun
Untuk yang terkasih……. ( sebut namanya ) selamat ulang tahun . 2x.
untuk menselaraskan lagu biasanya ditambah 사랑하는 우리 …. ( saranghaneun  uri…. ) misalnya oma, appa , oppa dan sebagainya. 


2. 축하해요 ( chuk ha haeyo )  by 푸른하늘 ( Pureun Haneul )
사랑하는 사람들 모두 모여서 ( saranghaneun saramdeul modu moyeoseo )
당신의 기쁜날을축하합니다 ( dangsinui gippeunnareulchukhahamnida )
외롭고 슬펐던 날 너무 많지만 ( oeropgo seulpeotdeon nal neomu manchiman )
오늘만은 이렇게 노래불러요 ( oneulmaneun ireoke noraebulleoyo )

semua orang yang tercinta berkumpul
Mengucapkan selamat di hari bahagiamu
walau sungguh banyak hari yang penuh kesedihan dan kesunyian, namun..

Hari ini saja, kita nyanyikan lagu seperti ini
우리 모두 다 함께 축하해요 ( uri modu da hamkke chukhahaeyo )
당신이 태어난 날 축하해요( dangsini taeeonan nal chukhahaeyo )
Selamat atas kebersamaan kita semua
Selamat atas hari kelahiranmu
소리높여 다같이 축하해요( sorinopyeo dagachi chukhahaeyo )
장미빛 입술로 떨어지는 고운 눈물 ( jangmibit ipsullo tteoreojineun goun nunmul )
Semua ikut bersuara lebih tinggi ” selamat..”
lewat bibir ( yang berwarna) seperti mawar, kita hapus airmata kesedihan
사랑하는 사람들 모두 모여서 ( saranghaneun saramdeul modu moyeoseo )
당신의 기쁜날을축하합니다( dangsinui gippeunnareul chukhahamnida )
semua orang yang tercinta berkumpul
Mengucapkan selamat di hari bahagiamu
( Happy Birthday to you, Happy Birthday to you, Happy Birthday 나의 사랑, Happy Birthday to you )




3. 생일을 축하해요 ( saengireul chukhahaeyo )  By Lee sora
햇살이 따스하게, 내리던 그 날 ( haessari ttaseuhage naerideon geu nal )
온통 푸른빛은 더해가고 여린 하늘아래 아름다운그대 ( ontong pureunbicheun deohaegago yeorin haneurarae areumdaungeudae )
세상의 빛과 만났죠(  sesangui bitgwa mannatjyo )
Sinar mentari memancarkan kehangatan, menyinari hari itu
Seluruh cahaya biru dan yang di bawah langit yang lembut menambah keindahanmu
Aku telah menemuimu di dunia yang penuh cahaya ini
언제나 축복이 곁에 있어주길 변함없는 모습으로 ( eonjena chukbogi gyeote isseojugil byeonhameomneun moseubeuro)
영원히 사랑이 그댈 감싸주길 생일 축하해요 그대 ( yeongwonhi sarangi geudael gamssajugil saengil chukhahaeyo geudae )
Kapanpun akan kuberikan doa restu di sisimu , dan tidak pernah berubah
Aku akan melindungimu  dengan cinta yang abadi,  selamat ulang tahun untukmu..
꿈처럼 스쳐가는 그대의 미소 ( kkumcheoreom seuchyeoganeun geudaeui miso )
지친 나의 맘을 열어가고 ( jichin naui mameul yeoreogago )
바라만 보아도 꾸밈없는 마음 늘 함께 하고 싶어요 ( baraman boado kkumimeomneun maeum neul hamkke hago sipeoyo)
Serasa mimpi, Senyummu menghampiriku
Membukakan hatiku yang lelah
Nampak sederhana saja, hatiku ingin selalu bersama
언제나 축복이 곁에 있어주길 변함없는 모습으로 ( eonjena chukbogi gyeote isseojugil byeonhameomneun moseubeuro)
영원히 사랑이 그댈 감싸주길 생일 축하해요 그대 ( yeongwonhi sarangi geudael gamssajugil saengil chukhahaeyo geudae )
Kapanpun akan kuberikan doa restu di sisimu ,dan tidak pernah berubah
Aku akan melindungi dengan cinta yang abadi, selamat ulang tahun untukmu..

happy birthday to you happy birthday to you happy birthday my dear.

 


 
Sebenarnya masih ada beberapa yang lain, namun untuk kesempatan kali ini ketiga ini sudah cukup.
Kalau ada alih bahasa yang kurang pas, mohon di maklumi dan dibetulkan. 

Dan mohon Doanya mudah-mudahan ke depan blog ini semakin lebih baik, lebih semangat menulisnya dan nenk merasa senang sekali dan berterima kasih yang tiada terkirakan  kepada sahabat semua yang selalu memberikan komentar dan  saran. 
Semoga atas segala kebaikan sahabat semua, senantiasa mendapatkan balasan yang lebih baik. Jazakumullah khairal jaza’.


Salam ^_^
Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here