Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

Oktober 13, 2012

Cara Burning (COPY) File ISO


Yaach...alamat dehch...diriku ga' punya nie CD ...n kudu usaha punya cz tuntutan mo ngajar hehehe ....(itulah yg terlintas dipikiran nenk kala tu...cari SO tuk jaringan..muter-muter...).
Akhirnya ada malaikat penolong ms Yo2k..kenal lewat FB bro..haha..padahal satu kampus..(aduuhhh...malu euy). Sedikit tebalin muka aja pas kudu datang rumahnya mo pinjam ntu CD. Sayangnya masx gak copy to cd tpi disimpen di kompix dlm bntuk ISO.  hmmm....??? 
Nah dari kejadian nie...kmungkinan ada sobat2 semua yang belum tau bagaimana cara copy file ISO to CD lo' buat instalan gitu lo' gak ngerti pke FD.
So..langsung ja sob ya.

Cara membuat Image ISO dari CD/DVD menggunakan Nero :
•  Jalankan program Nero yang anda punya, ( Nenk pake' nero versi 6 euy )
•  Pilih Menu Copy And Backup
•  Pilih Burn Image to Disc 
•  Browse lokasi file ISO yang akan dicopy /diburn 
   ( cari file iso yg akan di copy), pilih file dan klik open 
•  Tentukan destination drive yang dipakai, speed, jumlah copy 
    (jumlah cd yang dibuat)
•  Klik NEXT tunggu hingga proses selesai.
•  Klik Finish  ( Selesai dech)
Sekelumit File ISO  
Cara membuat file image ISO atau mengcopy CD ke harddisk komputer. Image ISO adalah file copyan CD yang disimpan di harddisk. cara membukanya harus dengan software virtual drive seperti Nero, PowerIso, UltraISO, Ashampo, dll.
kenapa harus dibuat Image ISO, kenapa tidak langsung dicopy dari CD terus dipaste harddisk komputer saja seperti memindah file dari flashdisk?
Secara garis besar, CD dibagi menjadi dua :
1. CD Data
2. CD Bootable
Untuk CD Data, jika kamu ingin mengcopy file dengan cara copy paste secara manual bisa saja. tapi untuk CD Bootable jika copy paste secara manual maka hasilnya akan error (tidak bisa booting) karena CD Bootable selalu ada file MBR, dan itu tidak bisa dicopy paste karena berupa system yang tidak terlihat. jadi untuk CD Bootable supaya bisa digunakan maka harus dicopy dijadikan Image ISO atau langsung Copy to Disc (Copy dari CD ke CD).
(Tuk sreenshotx maaf gk xertain ya...kan sobat nenk dah pada ngerti NERO... ya kan ?)
Selamat mencoba...smoga bermanfaat
 
Salam ^_^
Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here