Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

Juli 11, 2011

KEUTAMAAN PUASA

Bulan Ramadhan udah HAMPIR TIBA. Bulan penuh Barakah dan nikmat yang tiada tara. Yuk kita sambut bulan suci Ramadhan dengan hati suka cita penuh gembira, semoga kita khusyuk menjalaninya. Dan segala amal ibadah kita diterima di Sisi-Nya (Amien Ya Robb...)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa merupakan perisai yang dapat digunakan oleh seorang hamba untuk melindungi dirinya dari jilatan api neraka.” (HR. Ahmad, sahih)
Mari kita sambut bulan Ramadhan yang penuh berkah mulai bulan Sya'ban ini. Kita persiapkan diri kita baik fisik dan rohani untuk bulan yang penuh karunia tersebut.

Mempersiapkan rohani kita adalah dengan mulai mempelajari hal-hal penting yang perlu kita amalkan selama bulan tersebut. Kita buka kembali pelajaran fiqhus-syiyam kita, yaitu  fikih berpuasa yang benar dan sesuai ajaran. Kita sadarkan diri dan kesadaran kita akan pentingnya bulan tersebut bagi agama dan keimanan kita.
Ramadhan adalah bulan kebaikan dan barokah, Allah memberkahinya dengan banyak keutamaan,  salah satunya adalah sebagaimana dalam penjelasan berikut ini.
1. Ibadah yang Diistimewakan
Dalam ibadah selalu ada gerakan-gerakan fisik yang bisa diperhatikan oleh orang lain, sementara puasa merupakan ibadah tanpa gerakan badan sehingga tidak ada yang mampu memperhatikan kecuali Allah SWT.
"Setiap amal yang dilakukan anak Adam adalah untuknya dan satu kebaikan dibiaas sepuluh kali lipatnya, bahkan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman: "Kecuali puasa, ia untuk-Ku dan Aku yang membalasnya...." (HR. Bukhari Muslim)

2. Puasa Menjauhkan dari Neraka
Syahwat yang sering menjerumuskan manusia pada kesengsaraan di dunia dan akhirat, yaitu syahwat kemaluan dan syahwat perut. Dengan berpuasa kita akan mampu mengendalikan dua syahwat tersebut.
Apabila seseorang dapat mengendalikan dua syahwat tersebut, maka dia akan terjaga dari api neraka. Sebab, neraka itu akan dipagari dengan syahwat dan surga dipagari dengan hal-hal yang kurang disenangi manusia. "Puasa itu perisai dan benteng kokoh (yang melindungi seseorang) dari api neraka."
Rasulullah saw bersabda:
"Tiadalah berpuasa seorang hamba pada suatu hari di jalan Allah, melainkan Allah menjauhkan neraka dari mukanya selama tujuh puluh tahun karena puasa hari itu." (HR. Al-Jamaah dari Abu Sa'id).


3. Pintu Masuk Surga
"Di surga terdapat sebuah pintu yang diberi nama "Ar Rayyan"; hanya orang-orang berpuasa yang akan masuk surga melalui pintu itu. Apabila mereka semua telah masuk, pintu itu ditutup kembali... "(HR. Bukhari Muslim).
Pada hadits lain dari Abu Umamah: "Saya datang kepada Rasulullah saw lalu saya katakan: "Suruhlah aku mengerjakan sesuatu amalan yang memasukkan aku ke dalam surga", Nabi bersabda: "Tetaplah engkau berpuasa karena puasa itu tak ada bandingannya." Kemudian pada waktu yang lain aku mendatangi beliau lagi, maka beliau bersabda: "Tetaplah engkau berpuasa." (HR. Ahmad Nasa'i dan Hakim).

4. Puasa Dapat Memberi Syafaat
"Pada hari kiamat nanti, puasa dan al-Quran akan memberi shyafaat kepada hamba. Puasa berkata: "Wahai Tuhan, aku telah menyababkannya menahan makan dan syahwat, karenanya izinkanlah aku untuk memberi syafaat kepadanya..."(H.R. Ahmad)

5. Pembersih Badan
Rasulullah saw bersabda:
"Tiap-tiap sesuatu itu ada pembersihnya, dan pembersih badan (jasad) adalah puasa dan puasa itu setengah sabar." (HR. Ibnu Majjah).

Semoga Allah yang Maha kuasa lagi Maha mengetahui masih memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan Ramadhan di tahun ini. Sehingga kita bisa menjalankan sebuah ibadah yang sangat agung demi menggapai ampunan dan pahala dari-Nya. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

BMH news. Edisi Sya'ban 1432 H | Juli 2011

Salam ^_^ Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here