Assalamu'alaikum... Welcome to Nenkhudo Puny4 I hope this blog benefits all...tcayo. linknya => http://nenkudo.blogspot.com (InsyaAllah semoga berkah...amin)Thanks sahabat

April 07, 2012

3 Cara menerjemahkan File PDF dan Office

Bagi sebagian sahabat, menterjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia tidaklah gampang, apalagi data yang kudu diterjemahkan lumayan banyak. Namun bagi sebagian sobat yang mahir dalam berbahasa asing, hal ini tidaklah ruwet. Tapi buat nenk pribadi sih, hal kayak begini juga bikin muter otak coz diriku bukan lulusan dari bahasa2 asing tu..hehehe...& kalo kebagian suruh ngerjain translate / terjemahan  gitu pasti gak bakal jauh dari yang namanya kamus...but lo' dah gak betah cari atu2 di kamus, pasti dah..lari ke mbah google. Ngebantu abis dah walo' kadang hasilnya gak terlalu memuaskan tapi bener2 ngebantu euy. Bisa edit-edit dikit bahasa (english terutama, coz tuk bahasa asing yg lain kagak ngerti bro :D), tu pake akal sehat (hohoho) dibantu sang kamus tentunya. So buat kalian yang masih bingung ama hal beginian, gak usah ruwet dah ikuti n simak artikel nenk dibawah ini ya.
Memang ada beberapa cara, tapi kali ini nenk akan menjelaskan cara tercepat dan termudah, agar sobat semua dapat mentranslate secara instant. Disini, nenk pake' Google Translate yang sudah tidak asing lagi bagi anda2 smua.
Langkah2nya :

1.   Pertama sobat harus masuk ke Translate.google.com 
2.   Kemudian Klik Translate a document , seperti gambar dibawah ini 

 
 3.   Pilih Choice File untuk mengupload file document yang akan di Translate
 
 4.   Terakhir pastikan bahwa dalam convert To : Indonesian , dan Klik Translate

Namun sobat harus menyadari adanya keterbatasan Google Translate dalam menerjemahkan sebuah kalimat. Apalagi untuk menerjemahkan dokumen yang panjang, kemungkinan akan terjadi sedikit kesalahan dalam menerjemahkan, sehingga sobat harus sedikit mengeditnya.
Selain untuk dokument PDf dan PDF cara tersebut juga bisa di gunakan untuk menerjemhakan : Excel spreadsheet, presentasi PowerPoint, video sub-judul, dokumen OpenOffice dan file teks biasa.
CARA 2
Jika Anda ingin dokumen Anda diterjemahkan terlihat seperti aslinya sejauh format yang bersangkutan, Anda dapat mencoba DocTranslator. Biarpun di sana masih tertulis Beta, tetapi tool ini cukup berguna. Anda dapat meng-upload dokumen, pilih target bahasa dan dalam satu menit atau lebih, DocTranslator akan menerjemahkan semua teks dari dokumen ke dalam bahasa yang Anda dibutuhkan dengan menjaga format dokumen.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Install JRE (Java Runtime Environment). Silahkan download di sini.
2. Izinkan Aplikasi Java Signature.
Menterjemahkan File Pdf Cepat - dalam Hitungan Detik
3. Pilih jenis file yang ingi anda terjemahkan (*.pdf,*.doc,*.docx,*.rtf,*.xml,
*.xls,*.xlsx,*.ppt,*.pptx,*rtf,dll).
Menterjemahkan File Pdf Cepat - dalam Hitungan Detik
4. Pilih dokumen yang ingin anda terjemahkan.
Menterjemahkan File Pdf Cepat - dalam Hitungan Detik
5. doc translator akan mendeteksi otomatis bahasa yang digunakan dokumen anda,
namun Anda juga dapat secara manual mengatur bahasa sendiri.
Menterjemahkan File Pdf Cepat - dalam Hitungan Detik
6. Lalu tentukan ke bahasa apa dokumen anda akan diterjemahkan.
Menterjemahkan File Pdf Cepat - dalam Hitungan Detik
7. Klik tombol warna hijau untuk memulai proses penterjemahan.
Menterjemahkan File Pdf Cepat - dalam Hitungan Detik
8. Pilih nama dan lokasi tujuan penyimpan dokumen hasil terjemahan.
Menterjemahkan File Pdf Cepat - dalam Hitungan Detik
9. Setelah terjemahan selesai, Anda dapat membuka file dengan mengklik
ikon preview dokumen ...
Menterjemahkan File Pdf Cepat - dalam Hitungan Detik
10. Selesai deh, kita sudah selesai! Dokumen Anda akan terbuka di beberapa saat ...
Menterjemahkan File Pdf Cepat - dalam Hitungan Detik

Nah ada juga cara yang lain sob...hehehe...banyak cara kan ? betul...betul...betul...
CARA 3
Hal ini berbeda bila kita menggunakan bantuan Zoho Viewer, dengan Zoho Viewer kita dapat menerjemahkan langsung seluruh dokumen.
Step 1: Buka Zoho Viewer, lalu upload file yang akan diterjemahkan ke Zoho Viewer dengan meng-klik Browse. Selain file PDF, kita dapat juga menerjemahkan file office dalam format word, excel, power point dan masih banyak lagi.
 Step 2: Setelah file selesai di upload, lalu klik view dan akan muncul file yang tadi kita upload bersama dengan alamat URL-nya. Lalu copy alamat URL yang ada pada address bar ke Google Translate, lalu klik terjemahkan dan jadilah….
Yuhuu... 3 cara diatas bisa sobat praktekkan sesuai keinginan anda. Mana yang terbaik menurut anda..silahkan saja langsung di coba...
Mudah2an bermanfaat..

Jangan lupa kasih komentar, untuk perbaikan blog ini.. !!

Salam ^_^
Share

3 komentar:

  1. Tableau consultant
    SQIAR (http://www.sqiar.com/solutions/technology/tableau) is a leading Business Intelligence company.Sqiar Consultants Provide Tableau Software Consultancy To small and Medium size of organization.

    BalasHapus
  2. terimakasih y , http://movie21watch.blogspot.com/

    BalasHapus

Koment anda yang membangun sangat kami harapkan u/ catatan dan tambahan referensi selanjutnya demi kemajuan dan perkembangan pola pikir ini.
Thanks ... salam ^_^

Share

Search Here